DSC00358Pada saat ini, posisi air pasang bisa dikatakan cukup tinggi dan tidak ideal untuk memancing di air laut. Salah satu contohnya adalah rekan kami, beberapa waktu yang lalu salah satu pekerja proyek rehabilitasi power system disini. Memang pada sore harinya, tepatnya sabtu tanggal 5 Desember 2009, semua pekerja dipulangkan lebih awal. Ada sebagian pekerja yang memilih pulang ke rumah masing-masing, ada pula yang meilih tinggal di mess dengan perhitungan tidak ada uang lembur yang cukup untuk ongkos pulang.

Karena lokasi proyek yang sangat dekat dengan laut, banyak pekerja proyek yang memilih memancing untuk mengisi waktu luang di saat kekosongan pekerjaan. Dan pada waktu sore itu, semua orang lebih sibuk dengan acara pribadi masing-masing. Sang korban yang berinisial “TT” (saya tidak tega menyebutkan lengkap identitasnya karena takut keluarga akan larut dalam kesedihan) tidak dijumpai di dalam mess, maka teman-teman yang satu mess pun menganggap bahwa beliau pulang ke rumah di Cikampek.

Setelah keesokan harinya, pada pagi ini senin 7 Desember 2009, beberapa teman yang lain mencoba menelpon ke nomor handpone korban namun tidak aktif. Korban kebetulan sehari-hari bekerja sebagai operator genset di proyek swicthyard disini. Tidak hadirnya korban tentu membuat pekerja ya   ng lain tidak bisa bekerja karena tidak ada supply listrik untuk melakukan aktifitas.

DSC00360Akhirnya pada sore harinya, tepatnya kira-kira jam setengah empat, tersiar kabar ada sesosok mayat mengapung di dekat lokasi speedboat komplek apartemen Marina. Karena korban masih mengenakan seragam lengkap, maka warga setempat (yang bekerja di area speedboat) yang menemukannya pun langsung menghubungi site office kami. Saya mendengar berita ini kebetulan dari safety officer proyek disini, tanpa berpikir panjang kami pun bergegas ke TKP untuk mengidentifikasi jenasah korban.

Disinyalir korban terjatuh saat memancing di daerah muara angke, karena menurut beberapa keterangan yang pernah memancing disana tempat memancing tersebut cukup kecil dan tidak aman. Ditambah lagi pada minggu-minggu ini air laut sedang naik (pasang) cukup drastis dan sering terjadi hujan dan angin kencang di sekitar lokasi proyek. Ada juga alibi bahwa kejadian ini mungkin merupakan sebuah tindakan kriminalitas karena handphone serta dompet korban tidak ditemukan. Serta terdapat darah pada tubuh korban. Meski demikian, kami belum dapat menyimpulkan apa-apa sebelum menerima hasil visum dari laboratorium dan keputusan dari pihak kepolisian.

DSC00359Karena sebagai seorang profesi saya cukup dekat dengan pekerja-pekerja tersebut, meski telah melihat jenasah korban namun saya tidak berani menampilkan gambar utuh korban karena mungkin akan membuat pembaca terbayang-bayang. (gambar menyusul, card reader ketinggalan gan) Yang jelas, badan korban saat itu sudah berwarna hitam/abu-abu gelap dengan mata melotot dengan tangan sudah membentang kaku, darah segar masih keluar dari organ tubuh seperti mata hidung serta tangan.

Saya harap, semoga masyarakat yang hobi memancing sebaiknya berhati-hati dan menghindari memancing pada sore-malam hari untuk minggu-minggu ini. Berhati-hati dan selalu Waspada.. (salam)

beberapa kata telah saya edit, bukan untuk menampilkan berita yang kurang jelas, melainkan untuk menghilangkan unsur pemojokan terhadap instansi manapun. Demokrasi, bicara boleh bebas, sopan-santun tetap yang utama.. :)

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.