Battery Charger Calculator

Kalkulator sederhana ini akan membantu anda mencari berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh Battery Charger anda untuk melakukan pengisian Battery sampai penuh. Silahkan simak catatan berikut ini.

Untuk apa posting ini saya buat?

Readers mungkin bertanya, mengapa saya membuat postingan seperti ini lagi? Battery Charger SampleYah, sebagian besar battery chargers “murahan” tidak dilengkapi dengan rangkaian 'auto-off' sequence apabila pengisian battery sudah penuh. Akibatnya battery kecil (tipe AA, dan AAA) pada umumnya akan mudah sekali overcharge. Berbeda kapasitas battery, maka berbeda pula lamanya waktu yang diperlukan untuk pengisian, kalkulator ini di desain untuk menghitung kapan waktu selesainya pengisian battery anda dengan mudah dan anda tidak perlu lagi mengitung jam dan menit keberapa selesainya.

Penjelasan:

  • Charger Output : Ini adalah nilai arus dari Battery Charger yang anda, nilai output arus yang dikeluarkan oleh Charger mungkin berbeda-beda untuk jenis battery yang berbeda, silahkan simak dokumentasi atau instruksi manual dari battery tersebut untuk jelasnya.
  • Battery Capacity : Nilai ini umumnya tertera pada sisi body dari Battery dan untuk battery kecil ditulis dalam satuan milliamp Hours (mAh)
  • Charging Inefficiency : Saat melakukan pengisian battery, enegry akan hilang dari sel battery.  Sebagai contoh, jika anda melakukan pengisian sebuah battery dengan 100mA dari power, dan battery mempunyai nilai charging inefficiency sebesar 20%, maka sebenarnya hanya 80mA arus yang akan masuk kedalam sel battery. Nilai untuk inefficiency ini seharusnya terdapat pada dokumentasi battery charger anda atau mungkin bisa didapat dari pabrikan.
  • Charge Duration : Ini adalah nilai waktu hasil perhitungan/kalkulasi waktu yang diperlukan untuk melakukan pengisian battery secara penuh.
  • Date / Time to full charge atau Tanggal / Waktu untuk mencapai Pengisian Penuh : Ini adalah tanggal dan waktu dimana battery akan secara penuh terisi, pastikan jam komputer anda benar untuk mendapatkan jawaban yang akurat.

Untuk readers yang ingin menggunakan kalkulator ini untuk menghitung waktu pengisian battery berkapasitas tinggi seperti battery bank back-up power untuk sistem power DC pada gardu induk dan pembangkit, silahkan sesuaikan nilai Ampere menjadi miliAmpere.

Charger Output mA
Battery Capacity mAh
Charging Inefficiency %

  

Charge Duration hours minutes
Date / Time to full charge

Tips Umum Perawatan Battery

Untuk mendapatkan lifetime battery yang maksimal, mungkin tips perawatan battery dibawah dapat membantu anda dalam menjaga ketahanan battery:

  • Sebisa mungkin lakukan pengosongan muatan atau discharge battery-battery tersebut sebelum pengisian ulang atau recharging dilakukan, tetapi usahakan jangan sampai habis sama sekali.
  • Jangan lakukan pengisian battery terlalu lama atau overcharge batteries.
  • Gunakan dan isi ulang battery pada set waktu yang sama, jadi apabila readers punya enam buah battery yang sama, dan ingin menggunakan 2 buah battery dalam satu waktu, pastikan anda mengisinya dan atau menggunakannya dalam tiga set sepasang battery.
  • Selalu jaga permukaan kontak kutub battery dalam kondisi bersih, bisa gunakan penghapus / emery paper / fibreglass pen untuk menjaga kadar oksidasi dan grease se-minimal mungkin.
  • Rechargeable batteries akan kehilangan kemampuan charge setiap hari – jadi jangan lakukan pengisian berlebih dan jangan mengharapkan battery akan selalu dalam kondisi yang sama setelah tiga bulan kemudian.

Terima kasih telah membaca postingan ini. Salam blogger Indonesia.

Kembali Ke Halaman Sebelumnya

Baca Keseluruhan Isi Posting Ini >

Kalkulator Voltage Drop, Power dan Battery Capacity

Dearest readers, untuk berkecimpung dalam dunia tenaga listrik sudah barang pasti kita akan menemui salah satu permainan "puzzle" electrical seperti: Voltage Drop, Hukum Ohm, dan Battery Capacity. Meskipun sederhana dan mudah, terkadang untuk jangka waktu yang lama tidak lagi bertemu dengan hitung-hitungan ini maka cara itung-itunganya pun akan lenyap dari kepala kita. Untuk itu, selain untuk menghindari kelupaan pada diri saya sendiri juga sekalian membantu readers di seluruh Indonesia yang membutuhkannya maka saya posting kalkulator ini.

Program ini sangat mudah untuk digunakan, cukup berikan 2 atau 3 nilai yang anda miliki pada salah satu dari 4 kalkulator dibawah, kemudian klik "Calculate" untuk mendapatkan nilai hasil pada kolom kosong yang ingin dicari. Klik tombol "Clear" untuk mengosongkan seluruh kolom dan anda bisa memulai perhitungan baru. Cukup mudah bukan? Semoga program ini bermanfaat dan sampai jumpa di posting berikutnya. Salam blogger.

Baca Keseluruhan Isi Posting Ini >

Cara Nonton TV Online Terlengkap di Indonesia Gratis via Internet

Pengen nonton sepakbola SEA GAMES Indonesia vs Malaysia tapi sayangnya masih belum waktunya pulang. Nonton lewat HaPe, hmm.. mana tahan bayar pulsanya. Lalu, bagaimana caranya biar nggak ketinggalan inpoh, tanpa harus mbolos? Nonton siaran highlight dari Youtube, dijamin sudah ketinggalan berita karena tayangan bola di Indonesia tidak banyak orang yang rajin meng-upload videonya ke Youtube. Lihat live-score di situs-situs sepakbola, yaah mana asik, cuma keliatan papan skor dan informasi kartu merah/kuningnya aja. v(‘.’)v
Buat mereka yang selalu sibuk di kantor dari pagi sampai petang sudah barang tentu ketinggalan berita-berita yang beredar atau yang tayang pada waktu pagi dan sore hari. Cara paling mudah untuk bisa menonton TV di kantor dari komputer tanpa harus menambah perangkat ComboTV adalah dengan menonton siaran TV dari Live Streaming TV. Apabila di kantor anda tersedia internet dan headset, ini sudah lebih dari cukup untuk bisa menonton tanyangan televisi saat ini dari internet.
Salah satu situs penyedia layanan TV Online yang paling terkenal di Indonesia adalah MivoTV. Selain proses buffer-nya cepat, tidak putus-putus seperti halnya nonton video di Youtube, gambarnya pun jernih apabila dirumah anda susah mendapat sinyal TV. Channel yang tersedia di MivoTV untuk saat ini adalah: TRANS TV, INDOSIAR, DAAI TV, SCTV, TV ONE, TRANS 7, ANTV, SPACE TOON, LUNAR TV, dan Chanel MivoTV sendiri. Disamping itu juga tersedia LBS TV Movie untuk anda yang hobby nonton film, LEJEL TV bagi anda yang hobby Shopping, LBS TV Drama untuk anda yang senang menonton Drama, MPOP untuk yang senang dengan acara Music, ditambah lagi DW-TV untuk area ASIA+, ARABIA dan EUROPE.
Untuk melihat tayangan TV saat ini dari Channel kesayangan anda, silahkan klik tombol "Lihat TV Online" di website ini. Selamat menyaksikan.. (◠‿◠)

Televisi Live Streaming Terlengkap di Indonesia…
Apabila anda suka dengan TV Online diatas atau ada masalah ketika membuka TV online, silahkan berikan komentar anda dibawah ini. Terimakasih telah mengunjungi situs ini.. (◠‿◠)

Baca Keseluruhan Isi Posting Ini >

Hari Ketika Langit di Surabaya Berwarna Merah

“Jegguurrr, pun kadhos lindu niko, nak. Anak-anak kulo nangis jejeritan, langsung mlajar medal griyo- Jeggurr, sudah seperti gempa itu, nak. Anak-anak saya langsung nangis menjerit-jerit, langsung berlarian keluar rumah

Mbah Ali yang saya temui di Surabaya beberapa waktu lalu memulai bercerita tentang bagaimana awal mula pertempuran Surabaya 10 November 1945. Dia mengatakan bahwa entah dari mana, ledakan-ledakan besar terjadi di berbagai titik di Surabaya. Baru beberapa hari kemudian, Mbah Ali mengetahui bahwa bom-bom itu dimuntahkan dari kapal-kapal perang Inggris.

Mbah Ali menggandeng 2 anaknya yang masih kecil untuk berlari menjauh dari sumber-sumber ledakan. “Anak-anak mung saget nangis - Anak-anak hanya bisa menangis”. Dia masih ingat banyak di antara tetangganya yang lari sambil membopong anak-anaknya yang ternyata sudah tidak bernyawa.

Pertempuran Surabaya 10 November meninggalkan bekas yang takkan pernah hilang di sanubari mbah Ali, dimana Sumirah, istrinya, gugur pada saat menjadi relawan palang merah. “Kathah ingkah kicalan sekeluwargo-Banyak yang kehilangan seluruh keluarganya” lanjut mbah Ali. Mbah Ali sendiri kemudian bergabung dengan para pemuda yang datang dari berbagai wilayah di Jawa Timur untuk menahan laju tentara Inggris yang diboncengi Belanda. Menurutnya, banyak pemuda yang datang berjalan kaki dari Jombang, Pasuruan, Nganjuk, untuk bergabung dengan para pemuda laskar. Menurutnya, cerita bahwa para pemuda hanya bersenjatakan bambu runcing adalah benar adanya. “Wonten ingkang namung ngagem plinteng-Banyak yang hanya bersenjatakan ketapel batu” ungkapnya.

PERTEMPURAN-SURABAYA

Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara Inggris mendarat di Surabaya, yang tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) atas keputusan dan atas nama Blok Sekutu, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan perang yang ditahan Jepang, serta memulangkan tentara Jepang ke negerinya. Namun selain itu tentara Inggris yang datang juga membawa misi mengembalikan Indonesia kepada administrasi pemerintahan Belanda sebagai negeri jajahan Hindia Belanda. NICA (Netherlands Indies Civil Administration) ikut membonceng bersama rombongan tentara Inggris untuk tujuan tersebut.

Pertempuran-pertempuran sporadis terjadi di berbagai tempat di Surabaya sejak tanggal 28 Oktober pagi hari, dan mencapai tensi paling tinggi ketika dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, (pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur), pada 30 Oktober 1945 sekitar pukul 20.30. Mobil Buick yang ditumpangi Brigadir Jenderal Mallaby berpapasan dengan sekelompok milisi Indonesia ketika akan melewati Jembatan Merah. Kesalahpahaman menyebabkan terjadinya tembak menembak yang berakhir dengan tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby oleh tembakan pistol seorang pemuda Indonesia yang sampai sekarang tak diketahui identitasnya, dan terbakarnya mobil tersebut terkena ledakan granat yang menyebabkan jenazah Mallaby sulit dikenali.

Infanteri-Inggris-dengan-Tank-Stuart-masuk-kota

Tentara Inggris mulai masuk kota dengan tank-tank Stuart (Foto from Imperial War Museum)

Kematian Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia dan berakibat pada keputusan pengganti Mallaby, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh untuk mengeluarkan ultimatum 10 November 1945 untuk meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA.

Secara diam-diam, Inggris mendaratkan 24,000 pasukan dari Divisi ke-5 yang didatangkan dari Malaya, yang berpengalaman dari pertempuran Al Alamein di Afrika Utara melawan tentara Nazi pimpinan Rommel, beserta tank-tank serta pesawat-pesawat bomber. Peperangan berlangsung sangat dahsyat, dan menjadi headlines di berbagai media di dunia. Ini pertempuran pertama yang terbesar dan terdahsyat setelah berakhirnya Perang Dunia II. Tentara Inggris awalnya memperkirakan bahwa Surabaya akan jatuh ke tangan mereka dalam waktu 3 hari, namun ternyata pertempuran berlangsung terus menerus selama lebih dari 3 minggu sebelum akhirnya Surabaya dapat dikuasai.

45evacuating400

Pengungsian besar-besaran ke luar kota Surabaya

Disitulah tergambar nyata bagaimana wujud asli dari persatuan dan pengorbanan, di mana para tentara, petani, santri, pegawai pemerintah, tukang becak, sama-sama mengangkat senjata, mengobarkan perlawanan, mempertahankan setiap jengkal tanah. Dalam bukunya, seorang letnan Inggris Lieut-Col. A.J.F. Doulton said in this book “The Fighting Cock”: “the Indonesian people in Surabaya did not care about the victims. If one fell, another one came forward. Bren firing continued to arrive in greater numbers, pushing on and on …- Orang Surabaya tidak peduli dengan banyaknya korban yang jatuh, setiap orang yang tertembak, akan selalu digantikan dengan orang lain yang maju ke depan. Tembakan Bren berlangsung terus menerus mendesak maju”. Tentara Inggris mengatakan bahwa pertempuran Surabaya sebagai “Neraka”, di mana begitu banyak orang yang menjadi korban, namun pertempuran masih terus berlangsung. Dalam Perang Dunia II yang berlangsung selama 4 tahun, tak satupun jendral Inggris yang terbunuh, namun pertempuran Surabaya yang (hanya) berlangsung hampir sebulan, membuat Inggris kehilangan 2 jenderalnya, yakni Brigadir General AWS Mallaby, dan Mayor General Mansergh.

Pertempuran di Surabaya menjadi salah satu bukti, bahwa bangsa ini lahir dari hasil keringat dan darah para pendahulu kita, bukan hasil dari orang-orang yang mudah mengeluh dan menyerah, bangsa ini lahir dari orang-orang yang rela berkorban bahkan nyawanya. Bangsa ini lahir dari orang-orang seperti mbah Ali yang meski umurnya sudah di atas 80 tahun, namun masih tetap bekerja ke ladang, dan membersihkan halaman rumahnya sendiri. Saya teringat kata-kata terakhir mbah Ali ketika kami menutup pembicaraan “Waktu pertempuran itu, kalau saya punya 2 nyawa, dua-duanya akan saya persembahkan untuk bangsa ini“, kata-kata yang mengejutkan dan menampar ego saya berkali-kali.

Ditulis untuk Good News From Indonesia oleh Akhyari Hananto

Baca Keseluruhan Isi Posting Ini >