Pekerja pingsan diatas? Tenang, ini hanyalah sebuah training dimana disimulasikan sebuah kejadian dikala salah satu pekerja di ketinggian sedang pingsan karena lelah atau perut lapar.

 

Pada awalnya saya pun kaget dengan hal ini, bahkan semua teman-temanya yang diatas pun tidak mengetahui bahwa itu training. Spontanlah semua orang panik.

 

DSCN0481

Salah satu temanya yang ikut bekerja di sampingnya langsung kaget dan spontan meraih tangan temanya yang pingsan itu. Pada awalnya si korban (seolah-olah) mengatakan bahwa "aduh, pusing nih tadi belum makan..". Tentu saja semua temanya meminta dia untuk turun saja, daripada nanti malah merepotkan. Dan tiba-tiba saja, setelah mengangkat telepon, dia langsung lemas dan hampir jatuh..

DSCN0482 DSCN0483

Bayangkan juga apabila kejadiannya itu jauh sekali dari permukaan tanah alias tinggi betul..

DSCN0485

akhirnya ketiga teman yang sama-sama bekerja diatas berteriak, meneriaki operator crane untuk mengangkat gondola..

DSCN0487

Dan crane ini pun bekerja lain dari biasanya deh, cepet banget menarik-ulur slink bajanya, dengan cepatnya mengantarkan gondola beserta assistant crane untuk menolong korban tersebut..

DSCN0489 DSCN0491

Korban pun di angkutlah dengan gondola tersebut (jangan dibayangkan seperti gondola di ancol ya, jelas ini beda sekali dengan itu).

DSCN0494 DSCN0496

Crane pun mulai menurunkan korban beserta assistant untuk memandu arah crane..

DSCN0497

segenap pekerja yang lain dengan antusiasnya membantu korban untuk keluar dari gondola dan mengangkatnya ke tandu.

DSCN0500

Selanjutnya dia dibawa dengan tandu ke tempat istirahat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

DSCN0502

Akhirnya.., ini semua hanyalah sebuah training dadakan belaka.. :p

DSCN0504

 

Selanjutnya, supervisor beserta para safety officer yang berada di lokasi kejadian, memberikan pengarahan tentang apa yang terjadi dan apa yang harus dipersiapkan jika hal ini benar-benar terjadi pada kondisi yang sebenarnya. Aslinya sih, pekerja yang berpura-pura itu adalah yang paling jago di ketinggian (jadi semuanya ga nyangka, kok bisa pingsan sih dia) hehe..

 

DSCN0507DSCN0508

DSCN0509

 

Btw, dimanapun bekerja, " S A F E T Y   F I R S T " . Salut deh buat team Wasa-Safety. Dan terima kasih telah membaca tulisan ini sampai habis.

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.