Kebanyakan orang akan cenderung malas jika melakukan hal yang sama lebih dari dua kali, sama seperti halnya menulis artikel di blog. Jika blog masih sepi pengunjung tentunya media yang paling mudah dijangkau oleh teman adalah facebook. Namun agar tulisan di blog juga bisa terbaca oleh teman maka tulisan tersebut harus disalin dan diposkan kembali ke dalam note (catatan) facebook. Tentunya membosankan jika aktivitas ini harus dilakukan berulang kali. Jika blog yang kita punya bisa secara automatis menerima pos artikel blog tentunya pasti akan jauh lebih mudah dan menyenangkan bukan..

Lalu bagaimana caranya? Sebetulnya hal ini mudah dan syaratnya hanya satu, blog tersebut harus memiliki “feed” . Feed dari blog tersebut akan terhubung secara langsung dengan facebook. Setiap kali kita memperbarui tulisan atau menambahkan tulisan baru di blog, maka secara otomatis facebook akan mengimpor dan menampilkan tulisan tersebut di catatan facebook. Jenis blog yang mempunyai feed adalah wordpress, blogger, dll. Bagaimana cara mengecek bahwa blog tersebut menyediakan feed? Jika internet browser yang digunakan adalah mozila firefox, maka akan dilihat logo seperti dibawah ini:

image

Untuk memulai mengimpor feed blog ke facebook, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

image

  • URL web harus diisi dengan alamat feed blog. Untuk blog dengan sistem wordpress dan blogger (blogspot) biasanya alamat feed adalah dengan menambahkan “/feed” seperti ini:
    • Jika alamat blog adalah seperti ini: http://ari.blogspot.com, maka alamat feed blog tersebut adalah http://ari.blogspot.com/feed.
    • Jika alamat blog adalah seperti ini: http://ari.blogspot.com, maka alamat feed blog tersebut adalah http://ari.blogspot.com/feed.
  • Beri tanda centang (check) pada kolom "Dengan memasukan ALAMAT, anda menyatakan bahwa anda memiliki wewenang untuk mengijinkan kami me reproduksi dan menyebarkan tulisan atau gambar tersebut di halaman Facebook dan bahwa tulisan atau gambar tersebut tidak melanggar atau di larang.", selanjutnya klik Mulai Mengimpor.
  • Klik tombol Konfirmasi Impor” pada bagian bawah artikel-artikel yang telah diimpor.

image

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.