Sistem kontrol konvensional adalah sistem kendali/kontrol dengan menggunakan prinsip elektromekanik. Sistem kontrol jenis ini merupakan sistem kontrol yang sudah kuno namun tetap dipakai sampai sekarang karena dianggap lebih handal dibandingkan dengan sistem kontrol yang menggunakan semi konduktor ataupun digital.
Dalam dunia sistem tenaga listrik (Power System), sistem ini masih banyak dijumpai dan lebih dikembangkan ke-arah perpaduan antara digital (teknologi mikro) dengan konvensional.
Bagi mereka yang masih pemula dalam dunia listrik tentunya wajib mengerti dengan sistem ini, untuk mempermudah dan memperjelas bagaimana sistem kontrol ini bekerja, maka saya buat sebuah simulator sederhana agar lebih jelas.
Di dalam simulator ini pengguna bisa menekan tombol yang akan memberikan aksi sebuah atau beberapa kontak bekerja dan mengalirkan arus listrik. Aliran arus listrik digambarkan dengan warna merah.
Contoh sistem kontrol yang diambil adalah sistem kontrol dasar dari buku Moeler. Untuk lebih detil, silahkan lihat gambar berikut.
sebelum diberikan aksi
setelah diberikan aksi
dan tentunya masih banyak lagi yang lain...
Simulator ini saya buat ketika masih bekerja di PT Dinamika E.M. Sebenarnya simulator ini saya pergunakan untuk presentari revenue meter. Kemudian ada keinginan kecil dari pribadi untuk ikut membantu rekan ade-ade mahasiswa Politeknik agar lebih paham dengan logika kontak. Jadi saya buatlah simulator ini.
image
Jika anda tertarik dengan simulator logika kontak ini, anda bisa download disini.
Semoga bermanfaat!

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.