Pendahuluan


Apabila anda sering mengunjungi sebuah situs-situs blog, mungkin sesekali anda pasti pernah menjumpai kolom Recent Comments atau Komentar Terbaru disana. Disamping membuat tertarik pembaca untuk ikut nimbrung dan berdiskusi disana, widget Recent Comments juga memberikan informasi artikel mana yang sedang ramai dibicarakan kepada pemilik blog. Lalu bagaimana cara pemasanganya dan apakah rumit untuk dipasang? Tentu saja tidak, silahkan simak artikel saya berikut ini.


Pada situs blog berplatform Wordpress, seorang pemilik blog tidak perlu berpusing ria, karena widget recent comments bawaan sudah tersedia disana. Pemilik blog berplatform wordpress cukup pergi ke menu Tampilan dan drag & drop widget ini disana. Lalu bagaimana dengan pengguna blog berplatform Blogger atau blogspot.com dimana tidak tersedia widget recent comments bawaan disana? Eits, jangan berkecil hati. Pengguna blog di Blogger juga bisa memasang widget ini sama seperti di wordpress, bedanya hanyalah sedikit penambahan kode javascript disana.


Live Demo


Untuk melihat demonstrasi widget di Blogger silahkan kunjungi halaman ini


Instalasi Recent Comments di Blogger


Langkah-langkah pemasangan widget Recent Comments atau Komentar Terbaru di Blogger adalah sebagai berikut:


  1. Login ke Blogger.com
  2. Pergi ke Layout atau Tata Letak di situs blog dimana widget ini ingin dipasang
  3. Kemudian pergi ke Page Element atau Elemen Halaman lalu Add a Gadget
  4. Pilih Gadget dengan judul HTML/Javascript
  5. Selanjutnya beri judul Recent Comments atau Komentar Terbaru atau apapun, setelah itu copy code dibawah ini dan paste di bagian body gadget.
  6. Ganti tulisan NamaBlogKamu yang bertanda biru dengan alamat/nama blog yang ingin dipasang,
  7. Save/Simpan dan lihat hasilnya.
  8. Selesai



Opsi-Opsi Tambahan


Untuk pengguna bloger dengan domain sendiri, misal: www.namablogkamu.com


  • Cari dan ganti NamaBlogKamu.blogspot.com dengan domain alamat blog kamu sendiri.

…src=”http://namablogkamu.com/feeds/comments/default…


Jumlah Komentar


Widget ini sudah diset untuk menampilkan 5 baris komentar terbaru. Apabila ingin merubah nilai tersebut, silahkan cari dan ganti angka 5 di dalam tubuh kode dengan nilai jumlah baris komentar yang ingin ditampilkan. Nilai yang disarankan adalah antara 4 s/d 8.


… a_rc=5;var m_rc=false;var n_rc=true;var…


Jumlah Karakter Komentar (Excerpt)


Widget ini sudah diset untuk menampilkan 100 karakter (dipenggal tiap 100 karakter) dari keseluruhan jumlah karakter dari setiap komentar. Jika ingin merubah nilai tersebut, silahkan lihat angka 100 di dalam tubuh kode dan gantikan dengan jumlah karakter yang dingin ditampilkan.


n_rc=true;var o_rc=100;


*Nilai yang disarankan adalah antara: 50 s/d 100.


______________________________________________________________________________________________(end)


Selamat mencoba, apabila kode dalam artikel ini tidak berjalan semestinya atau pun berjalan dengan baik, silahkan isi kolom komentar dibawah sebagai umpan-balik pengembangan selanjutnya.

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.