Dalam proses penyempurnaan.. Ini adalah tulisan rintisan. Bantu kami dalam penyempurnaan tulisan ini. Saran, komentar dan link anda akan membantu banyak orang dalam mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

PENDAHULUAN

Salah satu cara mengingkatkan omset penjualan adalah dengan cara memperluas jaringan pemasaran (marketing). Perluasan jaringan pemasaran dapat ditempuh dengan berbagai cara dan dengan biaya yang relatif berbeda. Pada praktik usaha pada umumnya perluasan jaringan pemasaran dilakukan dengan cara membuka anak cabang unit usaha. Untuk unit usaha yang masih bertaraf kecil dan menengah tentu akan mengalami kesulitan dalam melakukan hal ini terutama menyangkut modal pengembangan yang relatif besar.

Jalan alternatif yang lainya adalah dengan jalan membuka situs belanja online, mengingat pada masa sekarang ini dunia internet adalah dunia yang paling mudah dijamah dan hampir sebagian besar masyarakat sudah mengenal teknologi ini. Pembuatan website belanja online dapat dilakukan dengan banyak cara, pengusaha dapat membayar seorang web developer untuk melakukanya atau mencoba membuatnya sendiri dengan ratusan aplikasi yang ada di luar sana. Di dalam tulisan ini akan dibahas bagaimana caranya membuat website belanja online dengan biaya cuma-cuma (gratis) dan dapat dilakukan oleh perorangan.

LANGKAH PEMBUATAN

  • Download web-CMS opencart yang akan digunakan sebagai basis data sekaligus online-editor web belanja online.
  • Persiapkanlah Logo Toko anda semenarik mungkin dan mudah dibaca dan dimengerti oleh pengunjung situs.
  • …to be continued >>

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.