bingung pingin ikutan ngeblog, tapi.. (caranya gimana yaa!!)

MENGENAL BLOG

687008389142189406 Tulisan ini terisnpirasi oleh ramainya dunia blogging serta ramainya pemakaian situs jejaring sosial pada masa sekarang ini layaknya kodok di musim hujan (lah kok bukan jamur sic? jamurnya abis diborong ibu-ibu tadi gan :D). Siapa sih yang tak kenal dengan blog..? Baiklah, mungkin ada yang kenal dan ada yang tidak, seperti pepatah mengatakan bahwa ‘tak kenal maka tak kenalan dulu yua!’, dan malu bertanya ya mbalik lagi aja ;)

Pada masa sebelumnya, dunia ngeblog di Indonesia masih sangatlah jarang dan sepi. Kalaupun ada biasanya dodominasi oleh para pakar webmaster ataupun web engineer yang ingin mengisi waktu luangnya dengan menuangkan isi pikiranya ke dalam blog. Mahalnya layanan hosting pada waktu itu serta pemahaman bahasa pemrograman web yang kurang mjenjadi faktor utama kurang aktifnya kegiatan blogging.

Pada tahun 1999 diluncurkanlah sebuah layanan blog gratis di dunia oleh sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab, Pyra.com, layanan ini bernama Blogger.com. Dengan diterbitkanya layanan blog gratis ini memungkinkan setiap orang untuk menerbitkan tulisan di internet melalui situs blog ini.

Melihat perkembangan situs ini yang begitu pesat di dunia, akhirnya layanan ini dibeli dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2002. Kemudian menjamurlah layanan dan aplikasi web yang bersifat terbuka dan free bagi semua orang di dunia, seperti yang dapat kita nikmati saat ini. Kemudian banyak perusahaan penyedia layanan hosting/webserver yang mulai memberikan ruang gratis kepada setiap orang untuk memulai kegiatan blogging menggunakan open-source web-programming.

PINGIN TAU BLOG LEBIH LANJUT 20071271811346277804

Blog pada dasarnya adalah hasil penggabungan dari beberapa bahasa pemrograman web yang hanya bekerja di dalam server internet dan ditampilkan dalam internet browser. Lalu apakah pegguna blog wajib menguasai bahasa pemrograman? Tentu saja tidak, blog merupakan aplikasi jadi dan siap pakai.

mbleduk Pengguna blog cukup mengatur isi blog dengan menjalankan menu-menu yang tersedia disana layaknya sebuah software online editor. Dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh pengembang situs blog bisa dikatakan siapapun bisa dan mampu membuat blog,  bahkan anak desa seperti saya dan kutu kupret sekalipun :D.

Blog adalah sebuah website dinamis yang tentu saja hanya bekerja dalam server dan memerlukan nama atau dikenal dengan istilah domain untuk menampilkanya ke dalam internet browser. Seseorang yang ingin membuat sebuah blog tentunya wajib memiliki paket aplikasi blog, sebuah domain dan sebuah server untuk menempatkan file-file paket aplikasi blog tersebut agar dapat dijalankan.

Anda tidak perlu membuat paket aplikasi blog sendiri karena diluar sana banyak sekali dijumpai paket aplikasi blog open-source yang dapat digunakan secara cuma-cuma dan dapat di-download secara gratis. Diantaranya adalah wordpress, joomla, phpbb, dll. Proses awal pembuatan blog dengan model seperti ini akan sedikit susah dan membutuhkan waktu beberapa hari bagi yang belum pernah sama sekali, namun jangan khawatir karena Google telah menyediakan Blogger.com yang siap pakai dalam hitungan menit.

MENGENAL LAYANAN BLOG

17746942091216425938Salah satu layanan blog yang menyediakan banyak fasilitas dan kelengkapan minimal sebuah blog secara gratis sepenuhnya adalah blogger.com. Layanan dari Google ini juga dikenal sangat baik dari segi keamanan terhadap serangan-serangan para hacker. Blogger.com juga dilengkapi domain gratis (*.blogspot.com) sehingga kita tidak perlu repot-repot membeli domain lagi.

Blogger.com memang diciptakan untuk mereka yang awam dengan bahasa pemrograman web dan ingin memulai hobi menulis di internet. Kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh Google untuk layanan blogger.com pun tak terbatas. Jika anda ingin memulai membuat sebuah blog, blogger.com adalah pilihan yang tepat untuk saat ini.

Layanan blog lainya yang menjadi favorit saya adalah wordpress. Wordpress disediakan dalam dua macam model, yang pertama adalah numpang di dalam server wordpress.com dan yang kedua adalah wordpress yang berupa paket kode program PHP yang harus dimasukan ke dalam server sendiri.

Untuk model wordpress.com hampir sama dengan blogger.com hanya saja di dalam wordpress.com banyak fasilitas yang dibatasi (contohnya: mengubah kode tampilan blog, menambahkan kode javascript). Untuk permulaan dalam memulai membuat blog layanan wordpress.com bisa dikatakan cukup. Untuk blog yang sedang saya tempati sekarang ini adalah tipe wordpress berdiri sendiri yang modulnya dapat didapatkan di wordpress.org.

CARA MERAMAIKAN BLOG

Tujuan ngeblog pada dasarnya adalah untuk sosialisasi. Jika anda ngeblog tanpa mendapati teman yang mau membaca tulisan anda tentunya akan sangat membosankan dan serasa hidup seperti angka satu :D. Lalu bagaimana agar blog saya dikunjungi banyak orang? Apabila anda salah seorang pengguna situs komunitas terbesar di Indonesia “KASKUS”, apa yang membuat disana selalu ramai dikunjungi orang? Tentunya adalah interaksi antar pembaca yang begitu kental.

Interaksi antar pembaca pula yang membuat situs KASKUS ini mampu mengunguli situs dunia seperti wikipedia.org, rapidshare.com, 4shared.com serta kapanlagi.com (Sumber: Alexa.com).

meringisCoba kita bayangkan, ketika kita mengirim sebuah artikel/posting yang keren di situs ini, meskipun kita ini cah ndeso yang kutu kupret sekalipun, kita akan tetap disanjung bak juragan (entah juragan apa). Ngak lama, tunggu saja pasti akan muncul: “mantab gan”, “lanjut gan”, “keep posting” dan sanjungan penuh motivasi lain akan datang bertubi-tubi mengomentari posting keren kita :D.

Formula racikan yang membuat KASKUS dapat melesat melampaui situs-situs dunia adalah bahan bakar semangat “PERTAMAX” dan “PERTAMAX plus” yang belum tentu dimiliki oleh bangsa lain. Lalu kenapa kita tidak menerapkan trik yang menghebohkan ini di jaringan blog kita?

Anda dapat memulainya dengan mengomentari tulisan blogger kawakan faforit anda ala KASKUS dengan menyebutkan URL situs blog anda di kolom komentar. Secara tidak langsung maka pemilik blog dan para pengunjung lain akan melirik situs blog anda (wah ada kutu kupret baru nih, yuk kite tengok :D)

ANDA SUDAH LULUS! ;)gaya

Dari sini anda sudah bisa ngeblog layaknya Juragan Blogger. Selamat ngeblog ceria ala ngaskus gan! :D

blogging every day, ngaskus everyday!

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.