tulisan ini adalah edisi revisi dari tulisan sebelumnya..

Mungkin diantara kita ada yang belum tahu tentang blog dan senantiasa bertanya-tanya tentang apa yang dinamakan dengan blog, maka pada kesempatan kali ini saya akan coba mengulas sedikit tentang blog menurut versi saya sendiri.

1. Apa itu Blog ?


Blog adalah singkatan dari Web log, yang pada dasarnya merupakan situs yang bersifat pribadi (personal website) dan berfungsi untuk menggambarkan kepribadian dari pemilik blog itu sendiri melalui tulisan-tulisan yang dibuat. Lebih jelasnya, salah satu contoh gambaran detil bentuk situs blog adalah seperti yang sedang ada baca saat ini.

Blog dirancang sedemikian rupa oleh para web developer penyedia blog agar situs ini mampu bekerja secara otomatis untuk mengolah data (data input, berupa tulisan, komentar, dlsb.) sendiri sehingga mudah untuk dioperasikan oleh pemiliknya. Dengan demikian, seorang pemilik blog tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan bahasa pemrograman web (web coding), pemilik blog cukup mengoperasikan fasilitas-fasilitas yang tersedia di situs blog untuk membuat tampilan blog sesuai yang diinginkan.

Sekali lagi saya tegaskan, meskipun anda sangat awam dengan bahasa pemrograman (seperti HTML, ASP, PHP, JAVA, SQL, dll.) anda tidak perlu khawatir dan tidak ada ruginya untuk mencoba karena suatu saat anda akan menemui manfaat yang luar biasa dari sebuah blog. Jika anda sudah bisa membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog pun tidak jauh berbeda dan modal utama dalam membuat sebuah blog itu sendiri adalah alamat email (tentunya harus valid atau benar-benar anda miliki).

2. Cara membuat blog


Seperti halnya membuat akun e-mail (email account), dalam membuat blog pun kita harus mempunyai sebuah akun (account) terlebih dahulu, oleh karena itu silahkan daftarkan diri anda terlebih dahulu di free blog provider (penyedia hosting/domain blog gratis). Free blog provider sangatlah banyak terdapat di internet dan beberapa yang populer saat ini adalah http://www.blogger.com, http://www.wordpress.com, http://blogsome.com dan masih banyak lagi yang lainya.

Dalam tulisan kali ini saya akan mengulas tentang cara pembuatan blog di http://www.blogger.com. Tentu saja, saya tidak akan menyarankan anda menggunakan layanan blog yang kerap kali bermasalah. Blogger.Com adalah penyedia layanan blog terbaik yang ada saat ini dan berada dibawah naungan server terbesar yaitu Google.com.

Kelebihan membuat situs blog dalam blogger.com adalah (sekali lagi ini adalah versi saya, dan tidak bermaksud menyinggung layanan blog lainya):

  1. Menjadi anggota situs terbesar di dunia, Google.com, sekali saja anda mendaftarkan sebuah akun di Google, anda sudah bisa menikmati beraneka ragam layanan dari Google.com seperti, Gmail: email berkapasitas 2GB, Album web Picassa (album foto ini bisa diintegrasikan dengan facebook), dan masih banyak layanan gratis tanpa batas lainya.
  2. Layanan ini 100% tidak dipungut biaya, bahkan anda bisa mendapatkan uang dari sini,
  3. Blog anda tidak akan hangus meskipun sudah bertahun-tahun tidak anda jamah atau kunjungi,
  4. Tidak ada batasan bandwidth, ruang penyimpanan (quota disk), dan database (SQL)
  5. Aman dari serangan hacker dan komentar-komentar spam yang mampu melumpuhkan situs blog,
  6. Bebas mengubah tampilan situs sesuka hati, serta jutaan template tersedia gratis di luar sana,
  7. Anda boleh mengubah nama domain “namablog.blogspot.com” menjadi “namablog.com” (contoh custom). Untuk nama domain (com, info, web, co.id, web.id) bisa dibeli di domain registrar atau di menu registrasi blogger.com itu sendiri (biasanya register pertahun). Jika ingin menggunakan domain gratis, anda bisa menggunakan domain seperti “namablog.cz.cc” seperti yang sedang saya gunakan saat ini. Untuk mengarahkan domain ke dalam situs blog kita di blogger.com silahkan baca disini.
  8. Layanan ini mendukung multi bahasa, termasuk bahasa Indonesia,
  9. Pengguna dan tutorial blogger.com sudah banyak dibuat oleh rekan blogger di Indonesia (dengan versi Indonesia),
  10. Dan terakhir, yang paling digemari para blogger mania adalah mendapatkan penghasilan dari penayangan iklan dari Google Adsense (lumayan untuk sekedar uang jajan). Untuk situs blog dengan platform blogger.com, tentunya proses jauh lebih mudah dan cukup dengan klik mouse saja (tidak perlu register akun Adsense dan memasukkan kode HTML ke dalam halaman situs blog).

Tertarik untuk memulai menjadi seorang blogger? Silahkan anda klik gambar dibawah untuk mendaftarkan blog.

ciptakan blog sekarang juga

Setelah anda berada pada situs blogger.com, anda akan menjumpai layar seperti di atas. Silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Klik tanda anak panah yang bertuliskan " CIPTAKAN BLOG ANDA "
  2. Isilah Alamat Email dengan alamat email anda (tentunya yang valid)
  3. Isikan kembali alamat email anda tadi pada form Ketik ulang alamat email
  4. Tuliskan password yang anda inginkan pada form Masukkan sebuah kata sandi atau password
  5. Isikan kembali password anda tadi pada form Ketik ulang kata sandi atau password
  6. Isi Nama Tampilan sesuai dengan nama yang ingin anda tampilkan, nama ini nantinya akan menjadi identitas/nama blog. Anda masih bisa merubahnya nanti di menu pengaturan.
  7. Ktik tulisan yang tertera pada form Verifikasi Kata. Beri tanda centang (chek) pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan.
  8. Klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN" (bukan kampanye politik lho..)
  9. Tuliskan judul blog yang anda inginkan (anda masih dapat merubahnya nanti di menu pengaturan) pada form Judul Blog
  10. Tulis nama situs anda pada form Alamat Blog (URL) biasanya diikuti domain blogspot.com, untuk mengarahkan ke domain custom silahkan baca disini.
  11. Tulislah tulisan verifikasi yang ditampilkan pada form Verifikasi kata, jika sudah selesai klik gambar panah yang bertuliskan "LANJUTKAN".
  12. Pilihlah gambar tampilan (template) yang anda inginkan (nanti bisa di rubah laanda masih dapat merubahnya nanti di menu tampilan), kemudian klik gambar anak panah yang bertuliskan "LANJUTKAN"
  13. Setelah keluar tulisan "Blog Anda telah di ciptakan". Klik gambar panah bertuliskan "MULAI POSTING". Silahkan anda tuliskan semau anda, jika sudah selesai klik tombol "MEMPUBLISKAN POSTING".


3. Isi (Content) blog :


Bagi seorang blogger pemula, biasanya mereka bingung setelah daftar membuat blog apa yang harus di isi( diposting ) dalam sebuah blog. Isi (content) dari sebuah blog tentu saja terserah kepadasi pemilik blog itu sendiri, apakah mau di isi cerita pendek, novel, puisi, perjalan hidup, teknik, fotografi, informasi, catatan (kutipan) atau apa saja.

Di sini saya menyarankan, isilah blog anda tersebut dengan minat ataupun hoby serta keahlian anda sendiri, karena di luar sana pasti ada banyak orang yang mempunyai minat dan hobi yang sama dengan anda. Dengan demikian mereka pun akan tertarik untuk membaca tulisan-tulisan anda dan akan memberikan komentarnya (salah satu fungsi penting blog lainya adalah diskusi interaktif dengan pembaca).

Dari sini anda akan merasakan betapa bergunanya sebuah blog, anda tidak akan lagi merasa hidup sendiri karena diluar sana ada berjuta pembaca yang siap mendengarkan curhat, hasil karya dan cerita anda.

bersambung (to be continued)…

4. Tahap lanjutan

1. Tutorial Menulis Posting di Blog (semua jenis blog),

Untuk situs blog dengan platform Blogger.com, anda bisa mengajak 100 orang untuk berpartisipasi dalam menulis posting di blog yang telah anda buat. Sebagai contoh, anda membuat blog untuk keluarga anda, maka anda bisa mengajak dan mendaftarkan keluarga anda untuk menceritakan dan mengabadikan kejadian-kejadian penting di keluarga anda (selain dapat berbagi cerita keluarga dengan banyak orang dan dikenal, album dan kisah tersebut akan abadi di dalam server Google.com).

2. Mengubah Tampilan Situs Blog (Blogger)

Anda dapat mengubah tema situs blog sesuai dengan kepribadian atau isi dari tulisan-tulisan yang anda terbitkan (post) di internet. Sebagai contoh, tema diary (untuk menceritakan kisah hidup), tema fotografi (jika anda seorang fotografer), tema koran/majalah interaktif (jika anda lebih tertarik untuk menayangkan informasi dan berita), tema otomotif (jika anda hobi otomotif), dan masih banyak lagi pilihan tema/template blogger yang bisa anda pergunakan.

Terima kasih, anda telah membaca artikel dari http://ari-sty.cz.cc (ari-sty)

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.