Hai twittiest.. Apakah saat ini kamu sedang bermain twitter di komputer via web twitter.com? Beberapa orang mungkin ada yg menganggap cara itu “kuno” dan “ketinggalan jaman”.

Dimana twitter dapat diakses dimana saja dan kapan saja, contoh yang umum digunakan adalah UbberTwitter, untuk ponsel BlackBerry, atau TweetDeck untuk ponsel iPhone. Di timeline tepatnya dibawah kicauan twittiest biasanya tertera “Via UbberTwitter”, “Via TweetDeck”..

Untuk readers yang masih mengakses twitter melalui web, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi berikut. Terutama bagi mereka yg seharian bekerja di depan komputer, mungkin rasanya tidak etis membuka halaman web terus menerus pada saat bekerja.

Dengan twitter client readers dapat bermain Twitter di komputer namun serasa seperti bermain twitter di ponsel iPhone & BlackBerry..?? Berjalan di backgroud service PC layaknya bermain Yahoo Messenger dengan notifikasi instant dari PC kamu. Hmm.. Itu baru oke!! Let’s check this out kalo kamu belum tahu..

Ke enam twitter desktop application ini memungkinkan pengguna untuk menerima dan mengirim twitts langsung dari desktop tanpa harus membuka web browser, mengetik alamat twitter.com, login, dan terus menerus mengamati halaman twitter.com. Jika readers belum pernah coba, sebaiknya readers coba sekarang mumpung belum banyak yang memakai aplikasi ini. Ada juga yang memakai aplikasi-aplikasi ini hanya untuk bergaya, beberapa teman memakai TweetDeck di dektopnya agar dia terlihat awesome!!, karena saat ini TweetDeck exclusive untuk ponsel iPhone saja.

Beberapa twitter client dibawah ini memerlukan Adobe AIR Twitter Desktop Apps sebagai framework base aplikasinya, readers akan diminta mengunduh program ini terlebih dahulu sebelum instalasi dimulai (Adobe AIR dapat digunakan pada OS Mac. dan Windows). I Recommend this if your internet connection is slow!

Ada juga yang memakai .Net FrameWork 3 dari microsoft agar aplikasi dapat berjalan di sistem Mac dan Windows, namun cenderung berjalan lebih lambat untuk spesifikasi komputer dan koneksi internet yang rendah. Use it if you really has a decent internet connection and proper computer specifications.

3 Aplikasi berikut dapat di install ke dalam OS Mac. maupun Windows

image

Twhirl – Dapat di gunakan pada komputer dengan OS Mac ataupun Windows. Aplikasi twitter untuk desktop ini memungkinkan readers untuk melihat dan merespons kicauan twittiest lainya dengan ukuran layar yang pas. Twhirl juga memungkinkan readers untuk menerima update dari beberapa akun twitter sekaligus. Jadi untuk readers yang tidak pernah merasa puas dengan satu akun twitter saja, aplikasi desktop ini patut untuk dipasang di PC kamu. Aplikasi ini dapat berjalan di background sehingga readers dapat dengan mudah menutup aplikasi ini ketika sedang melakukan aktifitas yg lainnya. Fitur yang lain adalah pemberitahuan pesan, pemotongan alamat URL otomatis, kirim gambar ke Twitpic, timeline filtering dan bebas mengganti warna tampilan. (Adobe AIR Twitter Desktop App.)

imageTweetDeck – Layaknya TweetDeck untuk iPhone, aplikasi ini memungkinkan readers untuk membagi-bagi kicauan twittiest ke dalam beberapa kolom topik atau kolom grup terutama apabila readers telah follow banyak sekali twitter artist dan teman tak dikenal.  Aplikasi ini menciptakan database-nya sendiri sehingga readers dapat mengetik kicauan-kicauan baru meski sedang tidak terhubung dengan internet (offline). Kicauan offline tersebut akan di kirimkan secara otomatis ke dalam akun twitter readers ketika readers kembali online. Fitur lainya kurang lebih sama dengan Twhirl. Aplikasi ini sudah sangat populer di dunia! (Adobe AIR Twitter Desktop App.)

image Seesmic –  adalah saingan berat TweetDeck hingga saat ini, Seesmic mengintegrasikan seluruh fungsionalitas twitter termasuk auto-refresh, berbagi link, foto dan video ke teman dengan mudah dan cepat, serta dapat mengelompokkan kontak-kontak di twitter ke dalam beberapa daftar seperti keluarga, teman kerja, sahabat, dll. Overall, Seesmic is certainly an awesome desktop app for Twitter. (Seesmic requires.Net Framework 3)

 

For Apps below, not yet trying. But if you was try them before please let us know by leave some comment on the comment form below.

Twitter Desktop App khusus untuk Windows saja

image DigiTweet - An open source desktop Twitter applications for Windows.  Through Windows Presentation Foundation, DigiTweet provides Twitter functionalities with rich user interface. It’s notable features include search facility for finding other twitter users as well as Twitter contents, and a friends list for viewing  Twitter users you are following and who are following you.

 

image Twunami – A feature-rich Twitter desktop application which boasts of the following basic functionalities – configurable Tweet workspace, optional persistent reminders, on click Tweet/Retweet/SuperTweet/SuperRetweet, threaded tweets, threaded DMs, mark Tweets as read/unread, sort tweets by newest or oldest, and definitely so much features.

Twitter Desktop Apps khusus untuk Macintosh saja


screenshot

Tweetie for Mac – a full-featured Twitter client which is available in free ad supported and ad-free versions.  This Desktop app lets you view not only the tweets but also the entire conversation history leading to that tweet. It provides you with an independent compose windows that stay out of your way until you need them. Tweetie for Mac also has search trends to let you find out the hottest trend in Twitter. Other features include threaded DMs, user details, torn off search, bookmarklet, and preferences.

twitterrific31

Twitterific – Lets you both read and publish posts or “tweets”  using a clean and concise  user interface designed to take up a minimum of real estate on your Mac’s desktop. The app shows a scrolling list of  the latest tweets from your friends, or public feeds. Its features include multiple Twitter account support, auto refreshing, inline display of replies and DMs, shows no. of unread tweets, quickly delete tweets, auto show/hide new tweets, single click access to user pages and more.

Apabila anda tertarik dengan tulisan-tulisan kami, anda bisa mendapatkannya via email dengan mengetikkan alamat email anda di kolom « Subscribe Via Email » yang ada disamping halaman ini.

Anda memiliki pertanyaan? atau masih ada yang kurang jelas dengan tulisan kami, silahkan isikan pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah.

You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.

Apabila artikel atau postingan di website ini bermanfaat atau cukup menarik untuk dibaca, mohon tinggalkan komentar agar kami mendapat feedback untuk lebih meningkatkan isi postingan di website ini. Pembaca yang baik adalah yang tidak lupa untuk meninggalkan jejak komentarnya di website ini.