Sekilas tentang Windows Live Writer…

Windows Live Writer IconMungkin sobat blogger sudah banyak yang tahu, namun tidak ada salahnya saya singgung sedikit tentang aplikasi ini supaya sobat blogger pemula dapat memahami konsep dasar pemakaian Writer dalam rangka efisiensi kegiatan “journalistik” pada Blog.

Windows Live Writer adalah salah perangkat lunak untuk membantu aktifitas publikasi dan pengelolaan konten blog. Windows Live Writer diterbitkan oleh Microsoft sebagai salah satu produk freeware yang dapat di download dan digunakan secara cuma-cuma oleh semua orang.

Windows Live Writer adalah sebuah Blogging Tool (alat bantu kegiatan blogging) berbasis windows paling baik yang ada saat ini. WLW juga mendukung untuk hampir semua platform atau blog engine seperti Windows Live Space, Blogger, Wordpress, Typad, dan tentunya masih banyak lagi.

Pada dasarnya WLW adalah sebuah Offline Editor untuk blog, yang mana aplikasi ini dapat mempermudah menulis dan mengedit postingan blog dengan atau pun tanpa adanya koneksi internet karena keseluruhan data tersimpan di dalam local harddisk komputer.

Screenshoot "Preview Blog Post pada Windows Live Writer"

WLW mempunyai jendela preview yang berfungsi untuk melihat hasil postingan sebelum postingan tersebut dipiblikasikan ke internet. Tampilan preview WLW sama persis dengan tampilan halaman blog ketika postingan blog tersebut telah dipublikasikan ke dalam blog.

Seluruh Data Postingan Blog tersimpan di "D:\My Documents\My Weblog Posts\"

WLW memungkinkan penyimpanan data di local harddisk, baik itu tema blog, draft artikel maupun artikel yang sudah dipublikasikan ke dalam blog. Data-data tersebut sewaktu-waktu dapat dengan mudah dibuka, diedit, dan dipublikasikan ke dalam blog saat komputer tersambung dengan internet (online).

Kenapa sih kita perlu Offline Installer untuk menginstal Windows Live Writer ke dalam komputer?

Apabila kita mencoba mengunduh software Windows Live Writer ini dari microsoft langsung (get.live.com), kita hanya mendapatkan sebuah file kecil bernama wlsetup-web.exe (berukuran kira-kira 1,10 Mb).

Apa sih wlsetup-web.exe itu..?

wlsetup-web.exe adalah sebuah file yang akan kita dapat saat download dari get.live.com, file ini merupakan paket instalasi online untuk Windows Live Writer beserta paket software windows live lainnya seperti Sign-in Assistant, Windows Live Messenger, Toolbar, Photo Gallery dan Family Safety.

Screenshot online WindowsLiveInstaller

File yang akan didapat ketika download langsung dari halaman web Microsoft(r) File wlsetup-web.exe ini berfungsi sebagai auto download dan auto installation dari internet. Untuk menjalankan instalasi wlsetup-web.exe dibutuhkan koneksi internet karena adanya tool-tool online yang ikut terpasang menjadi satu paket dengan WLW.

Apabila dirumah kita tidak terdapat koneksi internet, maka keinginan untuk menginstal aplikasi ini di komputer pun tidak dapat terlaksana. Menyedihkan bukan..?

Lalu apakah ada paket instalasi offline atau tanpa harus koneksi ke internet? Pada awalnya susah sekali mendapatkan file ini, namun setelah mencoba mencarinya di Softpedia.com, eh ternyata ada paket file instalasi WLW offline dengan ukuran file 5,49 Mb.

Ok, mari kita lihat apakah file ini dapat diinstal di dalam komputer tanpa koneksi internet (offline) seperti yang tertera di deskripsi file disana.

Apa sih maksudnya Offline Installer untuk windows live writer itu..?

Screenshot File Online Installer dan Offline Installer WLW Offline installer untuk windows live writer memungkinkan kita untuk melakukan instalasi Windows Live Writer ke semua komputer tanpa memerlukan adanya koneksi ke internet. Just click it and run..

Paket instalasi software ini dapat anda unduh dan simpan ke dalam portable USB device seperti Pen Drive atau Flashdisk, iPod dan lainnya. File Offline Installer untuk WLW yang akan di unduhSetelah itu anda dapat menginstalnya ke komputer mana saja tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Jalankan seperti instalasi software pada umumnya. Jika proses instalasi telah selesai maka lihat pada bagian Start menu > All Programs, apabila sukses maka akan anda temui menu baru yaitu “Windows Live Writer”

Lalu, bagaimana cara penggunaannya..?

 

Pada saat pertama kali menjalankan program ini, Writer akan meminta kita untuk memberikan data akun blog yang dimiliki.

  • Pilih tipe platform Blog, untuk pengguna Blogger dan Wordpress silahkan pilih opsi “Other Blog Service”, kemudian klik next.

Konfigurasi akin blog saat pertama kali pemakaian

  • Masukkan URL blog seperti berikut ini,

Masukkan data akun blog disini

Klik next dan ikuti proses selanjutnya. Proses selanjutnya memerlukan koneksi ke internet (untuk mendeteksi apakah layanan XML-RPC server blog aktif ataukah tidak serta untuk mendeteksi pola tema yang sedang digunakan), proses ini diperlukan oleh WLW pada saat pertama kali penggunaan saja.

Apabila telah selesai, koneksi internet dapat dihentikan dan anda sudah bisa memulai aktifitas menulis dan blogging.

Note: Topik ini sudah pernah dibahas pada posting sebelumnya namun masih menggunakan tipe online installer, silahkan klik disini untuk menyimak lebih lanjut tentang WLW.

Selamat Mencoba & Keep Blogging Spirit..

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.