Sub: Rangkaian Elektronik Sub-kategori: Rangkaian Pelengkap

Penjelasan Singkat Rangkaian:

Schematic DiagramRangkaian ini adalah rangkaian paling sederhana namun tetap efektif dan akurat sebagai pemantau kekuatan batere atau lebih dikenal dengan istilah battery monitor.

Ke empat lampu LED D1 s/d D4 berfungsi sebagai indikator batere layaknya seperti sebuah gafik bar.

Variable Resistor R6 berfungsi sebagai penyesuai titik ambang dari keseluruhan sistem (titik di mana baterai dianggap RENDAH)

Lampu LED D5 hanyalah sebuah indikator sumber tegangan ke rangkaian (rangkaian ON atau kah OFF).

Rangkaian ini dapat dengan mudah dimodifikasi menjadi “Battery Monitor 8 LED” (atau lebih!).

Bagi ade-ade mahasiswa yang ingin membuat Tugas Akhir Solar Cell atau Inverter/Rectifier dll. yang menggunakan battery sebagai catu daya alternatifnya, rangkaian ini mungkin akan sangat berguna.

Untuk readers yang punya hobby audio electronics, rangkaian ini dapat diaplikasikan sebagai indikator kekuatan Power Amplifier dari Sound System yang digunakan atau dB (baca: desible) Bar.

Output dari salah satu op-amp dapat diberikan-kembali (diumpankan) ke mikrokontroler ataupun kontrol lainnya (PLC, Relay, dlsb.) untuk memberikan sinyal ketika baterai rendah.

Thx 4 reading :: Selamat mencoba dan have a fun!

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.