Program kalkulator online ini merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk melakukan estimasi jumlah lampu/pencahayaan yang anda butuhkan, untuk setiap watt Ballast yang diberikan untuk nilai iluminasi yang cukup berdasarkan ukuran ruangan yang diberikan.

Program Basic Lighting Calculation:

Klik tombol ini untuk membuka kalkulator:

Alat bantu ini bukan merupakan alat bantu yang definitif namun dapat menyediakan titik awal pengembangan instalasi pencahayaan.

  1. Masukkan nilai daya lampu (watt) yang diperlukan per meter persegi. Kami merekomendasikan anda untuk menggunakan nilai dibawah 540 watt (nilai maksimum: 540).
  2. Masukkan panjang dan lebar dari ukuran ruangan yang ingin dikembangkan dalam satuan meter.
  3. Masukkan nilai daya lampu (watt) per-unit dari unit pencahayaan yang dikehendaki untuk digunakan, misalnya: 250w, 400w, 600w or 1000w.
  4. Hasil kalkulasi program akan melakukan estimasi langsung berapa jumlah lampu yang dibutuhkan pada nilai daya yang telah anda tetapkan sebelumnya pada ukuran ruangan yang telah diberikan.

Alat bantu ini tidak mencakup aspek penting lainya seperti tingginya lampu dari permukaan lantai/obyek.  Anda dapat menghubungi local specialist retailer kepercayaan anda untuk sayang yang terbaik untuk kondisi yang lebih spesifik pada instalasi yang tengah anda kembangkan.  Umumnya pihak instalatir penerangan akan menawarkan anda pilihan yang paling komprehensif dalam memilih kualitas reflektor dan unit ballast yang ada di pasaran.

Catatan:

  • Program ini tidak memerlukan instalasi khusus, anda cukup membuka situs ini melalui Mozilla Firefox dan anda langsung dapat menggunakannya setelah menekan tombol diatas.
  • Anda juga dapat menyimpan file web tersebut apabila ingin membukanya dalam keadaan tidak tersambung dg internet dengan menekan tombol CTRL dan S (save page as…).
  • Program ini menggunakan javascript dan popup, pastikan keduanya dapat berjalan di browser anda, apabila tidak maka program kalkulator tidak dapat terbuka.

Program ini masih bersifat dasar dalam instalasi pencahayaan dan didedikasikan untuk mereka yang ingin memperdalam ilmu tersebut.

Tampilan program lighting kalkulator kurang lebih seperti ini:

Screenshoot Online Lighting Calculator...

Tks 4 reading…

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.