Retosa CBM "The Real CBM Solution"Retosa CBM "The Real CBM Solution"“The real solution to analyze and maintain the health condition of equipment”

 

Retosa CBM CBM

Retossa CBM Brochure Download Click Here..Adalah singkatan dari Real Time & Open Systems Architecture for Condition-Based Maintenance. Sistem ini pertama kali dikenalkan di PLN P3B RJTD sebagai sebuah sistem CBM terpadu untuk memantau dan menganalisa kondisi kesehatan peralatan pada Bay/Feeder sebuah Substation atau Gardu melalui data trend parameter-parameter kelistrikan dan grafik beban per-harinya. Apa itu CBM?

 

Sistem CBM ini mampu mengasilkan laporan data-peralatan secara otomatis dalam format XML (untuk web) dan juga dalam format Ms. Excel yang sudah terformat seperti format logsheet yang diinginkan oleh owner atau pun user. Auto Report & Data LoggingMenggunakan sistem database Open XML sehingga mudah untuk diliput kedalam trend yang ada di dalam website owner.

Mampu mengakomodir lebih dari satu peralatan/bay dalam sebuah sistem monitoring CBM. Peralatan terpantau ditampilkan dalam model Explorer Panes, sehingga pemantauan peralatan lebih mudah dan cepat. Untuk sistem CBM yang lebih besar dan luas, RETOSA di desain untuk mampu bekerja dalam fungsi Remote sehingga dapat dipantau dari berbagai tempat sekaligus.

Investasi CBM itu mahal? Biaya pembuatan sistem automasi dan realtime trend analysis mahal? Oh Tidak lagi..

Retosa CBM CBM di develop oleh anak-anak bangsa sendiri yang telah lama eksis dalam dunia automasi. Tidak perlu lagi khawatir biaya investasi yang tinggi dan harus mendatangkan tenaga asing yang mahal, yang hakekatnya kualitasnya belum tentu lebih baik bukan?

Retosa On The Go!!! Retosa CBM CBM menggunakan standar .Net Framework yang mampu berjalan di segala jenis sistem operasi. Retosa CBM CBM menggunakan standar Open Source sehingga anda dapat mengolah dan mengembangkan sendiri baik segi tampilan dan format sistem CBM sesuai kebutuhan dan standar perusahaan.

Ukuran database XML sangat kecil (3kByte saja) sehingga memungkinkan untuk dipanggil dan ditampilkan ke dalam format web untuk ponsel yang dilengkapi dengan kapabilitas WAP. Kapanpun dan dumanapun anda dapat memantau sistem yang sedang berjalan.

Retosa CBM CBM satu ini telah dikembangkan ke dalam beberapa model sesuai keinginan customer seperti:

  • OCBM_GrafikBeban CBM: Bay Monitoring & Load Analysis
  • CBM: Power Transformer Monitoring
  • CBM: Battery Power System Monitoring
  • dan tentunya masih banyak lagi sesuai keinginan customer

Smart-Analyst Mechanism (New!)

Merupakan terobosan baru kami dan tengah dalam tahap pengembangan, dimana ilmu pengetahuan dalam menganalisa dan memprediksi indikasi perubahan terkecil dari sebuah peralatan dimasukkan ke dalam software. Sehingga software tidak lagi hanya berfungsi sebagai reporter saja, namun juga sebagai analyst dengan tambahan module artificial-intelligence. Apabila terjadi perubahan negatif pada peralatan/mesin, dan terjadi kelalaian pengecekan / analisa data dari tim pemeliharaan, maka software akan menganalisa sendiri dan mengirim Alarm Alert apabila kondisi peralatan dinyatakan tidak sehat. Alarm ini tersebar ke seluruh PC client (remote-side) sehingga pihak-pihak terkait dapat membantu mengingatkan.

Bagaimana kondisi kesehatan peralatan di tempat anda? Untuk mengetahui apa itu metode CBM dalam pemeliharaan, bisa dibaca di artikel ini: Condition Based Maintenance (CBM)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi distributor kami, PT. Kreasinusa atau gunakan form kontak email dibawah:

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.