bushing trafo Seringkali saya mendapat pertanyaan tentang berapa sih jarak standar Phasa ke Phasa dan Phasa ke Tanah dalam instalasi tegangan tinggi?

Menanggapi pertanyaan tersebut, saya akan sedikit memaparkan aturan-aturan umum yang tercantum dalam IEC60076-3 Second Edition publikasi 2000-03 tentang Insulation Level.

image

Clearance Phase - Earth

Jarak aman antara phasa ke tanah umumnya ditentukan oleh rating/nominal tegangan impulse withstand yang tertera pada peralatan/sistem. Kemudian untuk menentukan jarak minimum yang diperbolehkan sesuai ketentuan IEC dapat ditarik garis ke dalam grafik dibawah ini:image

image

Clearance Phase - Phase

Apabila jarak Phasa ke Tanah ditentukan oleh grafik diatas, maka untuk jarak Phasa ke Phasa ditentukan oleh grafik dibawah berdasarkan nilai nominal tegangan switching impulse yang tertera pada peralatan/sistem.

image

Clearance berdasar pada nilai nominal Lightning Impulse Voltage peralatan

image

 

Detail publikasi Standar IEC * IEC60076-3 SE 2000-03 * dapat anda download dan baca lebih lanjut dalam format PDF dibawah ini:

Tks

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.