Gambar Ini adalah buku yang komprehensif yang mencakup esensi sistem komunikasi SCADA berfokus pada DNP3 dan perkembangan baru lainnya di daerah ini. Buku ini dimulai dengan review singkat dasar-dasar perangkat keras sistem SCADA, perangkat lunak dan sistem komunikasi khas (seperti sebagai RS-232, RS-485, Ethernet dan TCP/IP) yang menghubungkan stasiun operator bersama.

Suatu tinjauan padat kemudian dilakukan pada protokol DNP3 dan IEC 60870-5 dimana fitur, pesan struktur, manfaat praktis dan aplikasi yang dibahas. Buku ini dibuat secara independen tetapi tetap mengacu pada contoh-contoh aplikasi-aplikasi yang ada di lapangan.

DNP3 adalah sebuah open protocol yang dikembangkan oleh Harris Controls Division, Distributed Autimation Product di awal tahun 1990-an dan dirilis ke industri berbasis DNP3 Users Group pada bulan November 1993.

Sebagian besar bahan pada DNP3 terkandung pada isi di dalam buku ini didasarkan substansial dokimentasi yang tersedia pada DNP3 Users Group, dengan interpretasi dan presentasi oleh penulis. Penulis telah mencoba untuk mengidentifikasi kasus di mana bahan teks telah direproduksi langsung dari grup pengguna standar atau sumber lain, dan permintaan maaf yang ditawarkan jika ada kelalaian sengaja dalam melakukan hal ini.

Buku ini mwrupakan panduan dan alat bantu dasar seseorang dalam merancang sistem SCADA berikutnya lebih efektif menggunakan protokol terbuka dan menarik dengan mengacu pada penerapan sistem teknologi informasi terbaru.

Light bulb Sekedar referensi bacaan tentang sistem komunikasi dan SCADA untuk adik-adik mahasiswa yang baru menggeluti dunia automation:

Download Buku Ini, Klik disini.

Left hug Selamat membaca, semoga bermanfaat dan terima kasih telah mengunjungi halaman saya

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.