image Seperti yang kita ketahui pada umumnya, linking database extra cepat over network yang bisa diterapkan pada sistem web navigasi dan network yang luas adalah dalam format XML. Standar protokol IEC 61850 pun menggunakan format XML, meski namanya diganti menjadi SCD/ICD/CID dan mempunyai standar format penamaan tabelnya sendiri, namun semuanya itu adalah sama saja yakni masih dalam pola XML format.
Meski semua XML table menggunakan format standar yang ditetapkan oleh W3C, namun sayangnya rule database connection SICAM PAS (automation software milik Siemens) masih terlalu kaku dalam pengambilan nilai kolom dari tabel database dari relay merk-merk selain Siemens. Salah satu contohnya adalah tidak diperbolehkan import database dimana string di dalam tabel itu berkarakter panjang (>32 karakter), seperti pada CID relay MICOM-Alstom. Selain itu, SICAM juga tidak mau menerima kolom table tambahan yang aslinya hanya untuk kolom keterangan tipe signal, seperti di ICD relay UR-GE. Bagaimana cara mengatasi hal ini agar semua relay bisa terhubung dengan automation software milik SIemens ini?

Dalam pembahasan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara agar ICD 61850 UR Relay GE bisa di import oleh SICAM PAS dan bisa saling ngobrol/berkomunikasi via protokol 61850 antara keduanya.

Cara Import ICD/CID Relay GE ke SICAM

1. Delete version="2007" revision="A" di baris ke 3, karena SICAM PAS tidak mengenali dan tidak membutuhkan data versi dan nilai revisi dari tabel ICD yang di ekspor oleh UR Relay GE.

clip_image002

2. Cari dan delete semua gi="false" yang ada di dalam file ICD tersebut, karena SICAM tidak bisa mengenali variable “gi” dalam tabel ICD yang di ekspor oleh UR Relay GE. Karena SICAM PAS tidak pernah membaca dan memakai variant ”gi” dalam membangun jalur komunikasinya.

clip_image004

Jika kedua teknik diatas sudah dilakukan dengan benar maka seharusnya tidak ada error dan GE relay sudah bisa koneksi dengan SICAM atau bisa juga digabungkan dengan database DIGSI4.

Jika masih salah, atau belum di edit akan menemui jalan buntu seperti ini

clip_image006

Jika format table ada ketidak samaan dengan pola standar tabel ICD/CID Siemens, maka ICD relay GE tersebut sama sekali tidak akan bisa di import. Jika berhasil, maka akan seperti ini

clip_image008

Relay GE sudah bisa masuk ke SCD DIGSI4 atau juga bisa langsung di import ke SICAM PAS. Selamat tinggal ERROR dan selamat datang relay GE.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat, dan terima kasih telah membaca blog ini.

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.