imagePassword Default

Secara default pabrikan, relay reyrolle tidak di set password jadi bisa dirubah setting kapan saja tanpa harus memasukkan password. Hanya untuk fungsi kontrol yang dikasih password secara default dari pabrikan, password untuk kontrol adalah “AAAA” dan ini hanya berlaku untuk kontrol dari depan relay.

Hal ini bisa dilihat pada setting, untuk setting password: NONE (tidak ada password), sedangkan control password: 340701675 (encryption code dari: AAAA).

image Password: AAAA

Hal ini sesuai yang tercantum pada manual 7SR:

image

Cara Menghapus Password dari Relay Reyrolle 7SR

Untuk menghapus password di relay, hal yang perlu dilakukan adalah mengetikkan kata “NONE” pada kolom isian password. Tidak bisa menghapus password dengan cara men_DELETE angka enkripsi di dalam kolom isian, harus diketik “NONE.

image

Cara Mengatasi Relay yang Ter-Password dan tidak diketahui passwordnya

Apabila anda memiliki relay yang sudah pernah diprogram atau disetting dan di-PASSWORD, sementara itu tidak ada satu orang-pun yang mengetahui password-nya, maka anda dapat melakukan beberapa langkah dibawah untuk mengatasi hal tersebut:

  • Kirim ke tim Siemens yang anda kenal atau yang telah men-supplai relay tersebut akan hal ini. Kirimkan detail kode enkripsi yang tertera atau tampil pada software reydisp evolution.
  • image
  • Setelah mengirimkan data tersebut via email atau media lainnya, Siemens akan menghubungi tim support dari pabrikan untuk meminta hasil decoded password. Contoh: decoded password 1631437209 adalah 1234. Maka password relay tersebut adalah 1234 (misalnya).
  • Atau anda juga bisa memanfaatkan media website ini untuk mengbungi saya dan mengirimkan kode enkripsi password relay anda yang ter-password. Cukup mudah bukan.

Alternatif Membuka Password dengan Metode Update Firmware

Cara lainnya yang dapat anda lakukan adalah meng-update firmware relay tersebut, maka relay akan kembali ke factory default secara keseluruhan atau kembali seperti relay baru dibuka dari kardus. Dengan kata lain, cara ini cukup powerfull untuk menghilangkan password, hanya saja kelemahan cara ini adalah kehilangan seluruh setting yang sudah pernah dibuat. Anda harus melakukan setting ulang relay, dan disarankan berikut dengan pengujian relay.

Bagaimana cara update firmware?

Pertama-tama, anda harus men-download file firmware relay reyrolle sesuai dengan tipe MLFB atau order code relay yang anda miliki. Misal 7SR11

image

Setelah download, koneksikan laptop anda dengan relay menggunakan kabel USB printer

image

Kemudian buka file dan jalankan program sampai proses Flash Firmware relay selesai

image

image

Saat proses selesai, relay akan minta tekan tombol ENTER sebagai konfirmasi bahwa relay telah berhasil di-update firmware dan relay kembali ke setelan asal atau default factory. Disini password relay juga ikut terhapus, prosesnya dan cara kerjanya mirip seperti proses flash pada smartphone android.

CATATAN PENTING!

Pada saat melakukan Update Firmware, harap koneksi antara PC dengan relay tidak boleh putus! Dan power supply relay ataupun laptop tidak boleh sempat padam/mati. Karena akan berakibat relay rusak permanen! Pastikan koneksi port USB laptop juga tidak kendor atau bermasalah.

Apabila mendapati kesulitan, masalah ataupun pertanyaan, langsung saja isi kolom komentar dibawah. Anda dapat login via email, google, facebook ataupun twitter, komentar juga dapat disertai gambar. (-ari)

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.