Sering lihat posting, komen atau dapat kiriman dari teman dengan tulisan arab? Sedang tertarik belajar bahasa arab untuk berencana (إِن شَاء اللَّهُ) ke tanah suci? setidaknya bisa mengetik kata-kata umum atau untuk mengetik kata dalam bahasa arab di google translate ke bahasa Indonesia.

Mungkin sebagian yang belum tahu akan terheran-heran bagaimana cara menulis huruf arab di ponsel kita yang berbahasa Indonesia. Untuk tulisan yang sering seperti إِن شَاء اللَّهُ bisa dengan Autotext (seperti di BB). Tetapi untuk anda yang ingin bisa berbahasa arab baik lisan maupun tulisan, bisa mengetik sendiri afwan, jazakallah, syafakillah, syafahalah dan masih banyak lagi (bahkan anda bisa mengetik tahuu buulat Winking smile تَحُو بُولَت). Ikuti cara setting ponsel android berikut agar ponsel pintar anda bisa digunakan untuk mengetik arab dan membuat yg lain tercengang. Open-mouthed smile

Pertama pastikan ponsel anda memiliki keyboard dengan fitur multi-bahasa, jika tidak install saja Google Keyboard dari playstore dan sudah pasti aplikasi google ini compatible hampir di semua merk handphone android. Tidak perlu root ataupun kutak-kutik atau oprek rumit lainnya, cukup install saja.

Pertama buka Play Store, langsung cari dan install Google Keyboard dari playstore kamu

clip_image001

Setelah Google Keyboard terpasang, buka aplikasi tersebut

Ada 3 tahap dalam menyiapkan Google keyboard

Pertama, aktifkan Google keyboard pada menu Bahasa & masukan

clip_image002

Kedua, karena ada beberapa aplikasi keyboard yang digunakan, pilih atau alihkan ke Google keyboard

clip_image003

Arab Google Keyboard akan muncul stelah mengaktifkan Bahasa Arab di tahap ke tiga

clip_image004

Ketiga, masuk pada menu Konfigurasi bahasa tambahan

clip_image005

Pilih bahasa mana saja yang akan digunakan, dalam contoh inimatikan Bahasa Sistem dan aktifkan Bahasa Indonesia dan Arab, jika sudah tekan tombalkembali ke tahap tiga dan pilih Selesai

clip_image006

Sekarang coba Google keyboard di aplikasi Pesan

Mengganti keyboard atau bahasa tekan icon Globe atau tekan lama sepasi

clip_image007

Menambah harakat dengan tekan lama pada tobol titik ( . ) dan geser jari ke harakat yang diinginkan

clip_image008

Proses pemberian harakat pada teks Arab seperti halnya pada Microsoft Office Word, yaitu seteleh mengetik hurufnya berikutnya ketik atau pilih harakatnya, bisa juga setelah selesai menulis semua teksnya kembalikan kursor didepan huruf yang akan diberi harakat secara satu-persatu, lebih mudahnya berikan harakat saja dibagian tetentu untuk mempermudah mebaca teks arab yang dibuat.

Jika ingin pengaturan yang lain silahkan buka kembali aplikasi Google keyboard, seperti mengganti warna keyboard dan menghilangkan suara atau getaran. Itulah cara menulis dan memberi harakat Arab di smartphone Android, jika tutorial ini bermanfaat jangan ragu untuk membagikannya ke yang lain, terima kasih [StickerKeyboard].

Untuk Video Tutorialnya dapat ditonton di bawah ini:

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.