Keyword: “How To Configure SICAM RTU A8000 via SICAM WEB”, Tutorial for IEC-104 Protocol and Digital Input/Output Configuration (Addressing & Mapping)

Check IP Address RTU dari display, apabila masih default (baru dibuka dari dus) maka IP Addressnya adalah 172.16.0.3, sesuaikan IP Address komputer kita agar satu kelas (misal 172.16.0.250)

SICAM A8000 - Siemens Compact RTU & Data Concentrator/GatewayIP Address PC - dibuat satu kelas dengan SICAM A8000

Buka Web Browser yang ada di komputer, misal internet explorer atau chrome, ketik https://172.16.0.3 pada address bar diatas. Jika muncul peringatan security connection, klik ADVANCED dan Proceed to 172.16.0.3 (unsafe) jika menggunakan Chrome.

Chrome - SICAM WEB caution connection not provate

Setelah masuk SICAM WEB, klik OK untuk melanjutkan. Secara default untuk login administrator belum ada password, jadi bisa langsung masuk tanpa password. Tampilan SICAM WEB adalah seperti gambar dibawah ini

SICAM WEB Login - SICAM A8000 SICAM WEB: Free, Easy & Lite Configuration Tool for SICAM A8000

Setting pemilihan Protocol yang digunakan, contoh: IEC60870-5-104

Pada SICAM A8000 tipe CP8000 terdapat dua buah port serial dan dua buah port ethernet yang dapat disetting berdiri sendiri atau redundant. Untuk menetapkan protocol IEC-104 ada di salah satu peripheral SICAM RTU, kita masuk ke Hardware & Protocol dan pilih ET84:Ethernet Interface IEC60870-5-104 di PRE 2 (Peripheral Interface). Setelah itu klik OK.

Peripheral Interface: Protocol Selection - SICAM A8000Peripheral Interface: Protocol Selection - SICAM A8000

SICAM RTU Restart, tunggu sejenak sampai RTU ready dan klik OK untuk terhubung kembali

Successfully Restart Confirmation - SICAM A8000

Mengganti IP Address SICAM RTU (Port X1 dan Port X4)

Untuk mengganti IP Address, masuk ke Setting – Network Setting – IP Address. Rubah IP Address sesuai dengan kelas IP yang dikehendaki dan tekan tombol Apply Changes yang berada diatas untuk mengaplikasikan perubahan IP. Setelah RTU restart, maka IP Address RTU sudah menggunakan yang baru, sehingga IP Address komputer juga harus disamakan kelasnya. Untuk masuk kembali ke SICAM WEB, masukkan https://alamat IP Address terbaru dan login kembali.

IP Address Setting - SICAM A8000

Setiap apply changes, kita diminta untuk restart RTU. Klik OK dan RTU akan restart, tunggu sejenak dan RTU akan terhubung kembali via WEB dalam beberapa saat.

Restart Confirmation - SICAM A8000

Konfigurasi Topology dan Connection Definitions

Konfigurasi Topology

Topology ini adalah kunci untuk mengarahkan jalur komunikasi RTU harus ke arah mana, melayani siapa, peripheral yang mana dan apa saja atributnya. Untuk jalur protocol IEC-104, diawal tadi kita sudah state dia akan berada di PRE2, maka disini juga harus kita deklarasikan.

Kebanyakan kegagalan komunikasi atau komunikasi ok tetapi data offline adalah gara-gara station address di topology berbeda dengan di connection definition.

Masukkan Address RTU di kolom REG (regional), kemudian peripheral yang digunakan di kolom SID-SSE (untuk IEC-104 di PRE2 sesuai setting diatas), masukkan nomor station (nantinya nomor ini harus sama dengan nomor station address di connection definition) dan harus unique/tidak boleh kembar dengan baris lainnya.

Konfigurasi Topology - SICAM A8000

Konfigurasi Connection Definition

Agar RTU berkomunikasi dengan dunia luar via IEC-104, kita harus mendefinisikan kepada siapa (IP Address mana) RTU ini harus berkomunikasi. Untuk menambahkan baris baru, klik Add row dan masukkan IP Address lainnya dimana RTU ini harus berkomunikasi (jika ada).

Connection Definition IEC104 - SICAM A8000

Konfigurasi Assignment Address IEC-104

Setelah topology dan connection definition selesai, langkah berikutnya adalah membuat address-address signal yang dibutuhkan. Address ini adalah image atau virtual alias hanya address dan belum terhubung dengan hardware input/output RTU atau not yet assigned.

Untuk memunculkan window Image, klik tombol Hide/Show yang terdapat pada sisi kanan atas window web. Tambahkan baris baru dengan menekan tombol Add, anda juga dapat menambah baris dengan jumlah banyak dengan mengisikan angka berapa rows disebelahnya.

Ketikkan RTU Address di CASDU, IOA1, IOA2, IOA3 dan TI (tipe data teleinformasi yang akan ditransmit)

Addressing IOA IEC-104 - SICAM A8000

Assignment Image Address IEC-104 ke Hardware Digital Input RTU

Agar image address yang telah kita buat bisa ngelink/terhubung dengan hardware binary input RTU, masuk ke i/O master module – 1: DI-810x (atau module input yang lainnya, jika ada lebih dari satu modul). Pilih/centang signal-signal yang akan dilink dengan binary input, signal-signal single/double point, yang ada di image kemudian klik ASSIGN. Signal tersebut akan secara otomatis membuat susunan signal di binary input, dari sini tinggal disetting alamat binary input/terminal BI yang mana yang digunakan disesuaikan dengan nama signalnya.

Konfigurasi Asignment Image ke Digital Input - SICAM A8000

Sembunyikan window image di kanan dengan menekan tombol hide. Konfigurasi kolom processing type, apakah signal tersebut di samping kiri membutuhkan satu digital input atau dua. Kemudian pilih digital input yang mana yang akan digunakan di kolom Datapoint, kolom Hardware pins akan otomatis menunjukkan terminal dari digital/binary input tersebut.

Konfigurasi Asignment Digital Input - SICAM A8000

Untuk meng-invert signal dari active high ke active low, masuk ke tab Parameter dan pilih Yes di kolom Inversion untuk baris signal tersebut.

Assignment Image Address IEC-104 ke Hardware Digital Output RTU

Cara konfigurasi untuk Digital Output RTU nge-link dengan address image IEC-104 sama dengan konfigurasi di digital input. Pilih signal dan assign ke module DO, kemudian sesuaikan jenis Processing type-nya, apakah single command ataukan double command, dan terakhir adalah pilih di Digital Output mana signal tersebut akan bekerja. Selesai…

Konfigurasi Digital Output - SICAM A8000

Langkah Selanjutnya adalah menguji signal IEC-104 dari RTU SICAM A8000 ini dengan Protocol Tester ASE2000, kita akan bahas di module berikutnya… Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba!

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.