Bagaimana Caranya Agar Signal Proteksi Tertangkap oleh SCADA

Latar Belakang

Signal proteksi seperti Trip signal adalah signal yang hanya akan muncul pada saat terjadi gangguan dan akan hilang dengan sendirinya saat gangguan hilang (saat CB sudah trip maka seketika itu juga gangguan hilang/clearance). Apabila anda menggunakan sebuah control centre tanpa kemampuan me-latching signal tersebut dari event log, maka signal tersebut hampir dipastikan sulit untuk dilihat atau tidak akan dapat anda lihat pada layar announciator HMI control centre anda. Hal ini dikarenakan signal tersebut hanya ON sekilas saja dan langsung mati saat gangguan hilang karena CB sudah trip, mungkin hanya beberapa milidetik saja. Biasanya kasus ini menjadi polemik tersendiri dalam sistem SCADA. Meski demikian, banyak juga control centre yang mampu menangkap signal sekilas seperti ini melalui event log atau alarm log dan beberapa control centre lainnya bahkan mampu menampilkannya sebagai gambar indikasi announciator, contohnya pada WinCC ataupun SICAM SCC, indikasi pada layar announciator HMI akan berkedip saat signal berubah status dan berhenti berkedip saat di acknowledge dan hilang saat reset (sama persis dengan announciator konvensional yang ada di panel, lebih mudah dan tidak perlu di-latch di relay dengan logic).

Kemudian bagaimana dengan Control Centre yang tidak dapat me-latch indikasi gangguan proteksi atau bahkan tidak dapat menangkap signal sesaat sama sekali, bagaimana cara kita mengatasinya? Cara mengatasi hal ini atau cara agar signal proteksi tersebut latching ON terus sampai kita me-reset-nya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi logic set-reset pada relay SIPROTEC. Dengan menggunakan Logic, signal proteksi di-input-kan ke sebuah logic Set-Reset dengan outputnya dikonek ke User Output. Apabila signal proteksi Trip sempat ON sesaat, maka user output-nya akan terus ON, address signal output inilah yang dapat dipakai oleh HMI SCADA.

Jangan lupa, nanti apabila signal sudah dibuat latching, maka kita harus menambahkan fasilitas reset latch dengan menambahkan tombol “remote command” di HMI SCADA untuk mengirimkan command reset LED/reset latch.

Create Signal Baru sebagai Alias dari Signal Proteksi yang akan di-Latch

Buka Masking I/O dan create group signal baru dan create beberapa signal baru sesuai kebutuhan dengan tipe SP-single point, kemudian klik kanan pada kolom C (CFC – Source) – pilih X (Configured), begitu juga dengan S (System Interface – Destination) seperti yang ditunjukkan oleh gambar dibawah.

 

Note: Signal ini akan menjadi output dari latch logic, dan output ini yang akan dimonitor oleh SCADA sebagai pengganti (alias) dari signal aslinya.

Create Latch Signals Alias for Protection Signals - SIPROTEC - Protocol IEC103

Assign Signal Proteksi yang Akan Dibuat Latch

Pilih signal yang akan dibuat latch, misal: OC dan EF, dan arahkan signal tersebut sebagai input dari logic set-reset dengan cara mencentang (X) pada kolom C (CFC – Destination, kolom C yang ada di kolom paling kanan).

Jangan lupa juga untuk mengarahkan LED Reset sebagai input reset logic dengan cara mengarahkan signal LED reset sebagai input logic atau centang (X) CFC Destination.

Centang di CFC-Destination untuk Mengarahkan Signal Proteksi Asli ke CFC Editor sebagai Input Logic

Create CFC Chart (block logic) Baru untuk Membuat Latch Logic untuk SCADA

Masuk Setting – CFC kemudian klik kanan dan pilih “Insert CFC Chart”, rename CFC(1) dengan cara klik kanan dan pilih Object Properties dan ganti pada bagian “Name:” dengan nama yang mudah anda pahami atau rekan kerja anda dapat pahami.

Create CFC Chart or Logic Set-Reset for Protection Signals for SCADA

Klik dua kali untuk membukanya..

Setelah masuk ke CFC Editor, kita drag-drop RS_FF block dari grup Memory ke area editor. Klik kanan pada output “Q” dan buat interconnection ke signal yang baru dibuat.

Connecting Logic Set-Reset to User Creation Signals

Setelah mengkoneksikan output logic ke signal alias, sekarang kita perlu mengkoneksikan kaki Set dan kaki Reset logic ke signal proteksi yang akan di latch. Klik kanan pada kaki S, pilih F3 dan pilih signal Overcurrent, dan untuk kaki R pilih LED Reset. Logic telah Selesai!

Connecting Protection Signals to Latch Indication Logic for SCADA

Untuk mengirimkan logic ke relay, pertama compile terlebih dahulu logic tersebut dengan klik tombol “Compile” pada toolbar berikut. Apabila muncul informati “Process correctly executed”, logic sempurna atau tidak ada error.

image

Download setting ke relay dan lakukan pengujian proteksi dan SCADA, lihat bagaimana hasilnya.

image

Apabila ada pertanyaan, silahkan melalui kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat! Apabila tulisan ini cukup membantu untuk anda, boleh jadi teman-teman disekitar anda juga membutuhkan tulisan ini. Silahkan bagikan di facebook/twitter/google+ dengan menggunakan tombol share diatas. Mari bahu-membahu berkontribusi untuk maju bersama… (ari)

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.