How To Check 7SJ602

Pernah mengalami relay error? Atau pengen tahu relay SIPROTEC 7SJ602 yang sudah dibeli error atau tidak, caranya ternyata cukup mudah. Dengan menggunakan sebuah power cord standar alias kabel colokan biasa, kita sudah bisa menyalakan relay 7SJ602 dengan menggunakan listrik jala-jala 220VAC yang ada di kantor atau rumah kita.

Sambungkan kabel dari power cord ke terminal F nomer 1 dan nomer 2, dan tancapkan ke socket outlet atau colokan yang ada di kantor atau rumah. Relay seharusnya langsung nyala dan booting. Proses booting akan menyalakan LED Blocking (merah) sesaat. Relay yang sehat, pada LCD display akan menunjukkan penunjukan meter dan LED Blocked padam. Sedangkan Relay yang error, LED blocked akan nyala terus.

Penyebab error bervariasi, mulai dari kerusakan CPU sampai dengan kerusakan modul sensor arus. Ada juga gejala error tetapi relay sehat, relay restart terus, apabila ini terjadi maka penyebabnya adalah tegangan power supply yang diberikan terlalu kecil atau kurang dari rating tegangan yang tertera, misal: relay 110-250VDC/AC dikasih tegangan 24VDC, tentu saja relay tidak akan berhasil booting.

Untuk demonstrasi lengkapnya dapat disimak pada video dibawah ini:

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.