Latar Belakang

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan pembaca blog pribadi kita atau blog organisasi, maka blog tersebut harus kita buat senyaman mungkin bagi pembaca untuk mengeksplorasi isinya. Semakin baik sebuah website dalam mengarahkan pengunjung dengan sesuatu bacaan yang diminati atau dibutuhkannya, maka akan semakin senang mereka mengunjungi website tersebut berulang-kali.

Daftar Isi pada Blog?

Seperti halnya pada sebuah buku bacaan, komponen utama yang akan dijadikan acuan mengeksplorasi isi buku adalah Daftar Isi. Bagaimana dengan Blog? Rata-rata blog tidak memiliki fitur daftar isi sehingga akan membuat kesulitan bagi pengunjung menemukan informasi yang dicari atau dibutuhkan dari sebuah blog. Fitur umum yang ada di blog seperti Related Article, Arsip dan Artikel Populer sangat membantu pembaca namun itu masih belum cukup memudahkan atau menarik pembaca untuk mengeksplorasi isi blog lebih jauh! Disini blog butuh sekali yang namanya Daftar Isi atau juga dikenal dengan istilah TOC alias Table Of Contents.

Contoh Daftar Isi Blog

Berikut adalah salah satu gambar blog yang sudah mengimplementasikan fitur Daftar Isi pada blog organisasinya. Semua Judul Artikel beserta linknya ditampilkan dalam satu halaman dan dikelompokan sesuai dengan Label/Kategorinya. Disamping itu, fitur tambahan yang juga mempercantik Daftar Isi Blog ini adalah adanya fasilitas penanda artikel-artikel baru (New!!).

Contoh Daftar Isi Blog

Bagaimana Cara Memasang Fitur Daftar Isi di Blog Saya?

Tertarik memiliki halaman TOC/Daftar Isi seperti contoh diatas? Yuk! Langsung saja ikuti langkahnya, tidak sampai satu menit selesai kok.

  1. Buat halaman baru di blog image
  2. Beri Judul Daftar Isi dan pastekan kode yang ada dibawah pada isi halaman image

Kode Widget TOC/Daftar Isi untuk Blogger:

 <p>  
 <script src="http://yourjavascript.com/81791141115/toc-pages.js" type="text/javascript"></script>    
 <script src="https://NAMABLOGKAMU.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>  
 </p>  

Pastekan kode di atas ini pada isi halaman blog kamu, rubah NAMABLOGKAMU.blogspot.com sesuai dengan alamat blog kamu dan publish. Dia akan bekerja secara otomatis membuat daftar isi dari blog kamu dan menampilkannya seperti tampilan pada demo. Cukup mudah dan simple bukan? Jika masih kesulitan silakan posting komentar dibawah.

Demo Daftar Isi Blog:

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.