Printer Epson Wont Turned On snapshot

Kebayang nggak sih betapa jengkel, kesel dan sebelnya punya printer yang tiba-tiba saja ngadat, error nggak jelas dan tidak mau nyala sama-sekali. Padahal disaat genting-gentingnya butuh acara ngeprint di rumah, seperti deadline ngeprint skripsi/tugas akhir, makalah, laporan kantor, laporan RT, dan lain-lain. Padahal printer itu kemarin baik-baik saja, habis dipakai ngeprint normal tidak ada masalah, tiba-tiba saja hari ini bermasalah dan nggak mau nyala sama sekali.

Jangan marah sobat good people, jangan dibanting dulu printernya, karena disini saya akan membahas triknya supaya printer tersebut kembali normal. Trik ini sudah pernah dicoba pada printer Canon pada waktu masih kuliah dulu dan dicoba di printer EPSON pun berhasil kemarin. Sayangnya, trik ini tidak ada di buku manual ataupun di mbah Google.

Ciri-ciri printer Error Tidak Mau Dinyalakan

  • Tombol power ditekan, LED hijau nyala sesaat saja dan tidak ada pergerakan
  • Tombol power ditekan dan ditahan, LED indikator warna hijau berkedip-kedip terus tanpa adanya pergerakan dan LED langsung mati saat tombol dilepas.

Cara Mengatasinya Bagaimana?

  1. Lepas kabel power dan kabel USB dari printer,
  2. Tekan dan tahan terus tombol power (jangan dilepas dulu)
  3. dengan kondisi tombol power masih tertekan, pasang kembali kabel power ke printer
  4. tunggu kira-kira tiga detik atau lebih baru lepas tombol power
  5. printer akan menunjukkan pergerakan seperti biasanya

Pada kondisi ini printer sudah kembali normal dan siap untuk digunakan kembali, dan gunakanlah dengan penuh kasih sayang, jangan gunakan kekerasan, hehe..

Untuk lebih detail prosesnya disertai contohnya, silahkan simak video dibawah ini:

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.