Bikin halaman (Pages) di blogger atau blogspot tapi tidak ditemukan di Pencarian Google? Sepertinya anda harus membaca artikel ini.

Apabila anda sudah pernah membaca artikel saya sebelumnya tentang bagaimana caranya agar blog pribadi kita dapat terindeks atau masuk ke dalam daftar pencarian Google, yaitu dengan cara men-submit XML Sitemap (tabel peta situs dalam format xml) ke Google Console atau Google Webmaster agar Google dapat meng-indeks dan crawling keseluruhan isi postingan kita di blog blogspot.

Namun, disana masih ada satu masalah yang harus digaris-bawahi…

Sitemap postingan blog tidak mengikutsertakan link halaman blog (static pages) kita, halaman ini seperti:

  • Tentang Saya/About Me
  • Hubungi Saya/Contact Me
  • Kritik dan Saran
  • Lokasi Saya
  • dan halaman lainnya yang telah kita buat

Meski halaman-halaman ini tidak terlalu penting untuk di indeks di mesin pencari Google, namun jika anda seperti saya yang kadang mempublish sesuatu yang penting pada Page blog bukan pada Post, maka meng-submit sitemap dari static pages di Google menjadi sebuah keharusan atau halaman tersebut tidak akan pernah terbaca oleh orang banyak, dimana saat ini semua orang bergantung pada mesin pencari Google.

Bagaimana Cara kita Mengakses Sitemap Blogger Pages?

Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa untuk Sitemap Postingan kita dapat menggunakan atom.xml sebagai sitemap, tetapi untuk kasus static pages blogger/blogspot kita tidak dapat menggunakan atom.xml. Google telah membuat sitemap khusus yang dapat dipakai sebagai akses ke halaman, cukup dengan menambahkan sitemap-pages.xml.

Contoh:

Ganti nama-blog-kamu dengan nama domain blog kamu.

Submit Sitemap Blogger Pages ke Google Search Console

Karena sitemap sudah dibuat oleh Blogger, kita cuma perlu men-submitnya ke Google Search Console sehingga robot mesin pencari dapat menemukan halaman-halaman itu dan mengindeksnya.

Ikuti langkah dibawah:

    1. Masuk ke Google Search Console (alias Google webmaster tools)
    2. Pilih blog/website kamu, jika belum ada tambahkan alamat website kamu
    3. Pilih menu Crawl > Sitemaps dari menu yang ada di samping kiri
    4. google-search-console-sitemaps

    5. Klik tombol ADD/TEST SITEMAP yang terdapat di kanan atas halaman
    6. Ketik sitemap-pages.xml di kolom teks isianimage
    7. Tekan tombol Submit dan Selesai!

Tunggu beberapa hari kemudian cek kembali di Google dengan mengetikan alamat halaman/pages yang ada di blog kamu, apabila sudah nonggol paling atas maka pages tersebut sudah terindeks dengan baik. Apabila masih ada pertanyaan, silahkan isikan di kolom komentar/diskusi di bawah.

Video lengkapnya, ikuti tutorial dibawah:

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.