Ilustrasi Minyak Goreng Yang Terbakar

Pernah melihat atau mengalami kebakaran saat menggoreng minyak? Kenapa minyak goreng bisa terbakar dan bagaimana cara memadamkannya yang benar?

Memadamkan Air Umumnya dengan Air, Sudah Pasti

Semua seorang sudah pasti sepakat apabila ada api maka jalan untuk memadamkannya adalah dengan menyiram air. Sifat air yang mendinginkan panas dapat memutus rantai segitiga unsur api yakni panas. Namun adakalanya air bukan pilihan terbaik untuk memadamkan api bahkan justru membahayakan orang dan seisi rumah.. Kenapa bisa demikian?

Sifat Air terhadap Minyak Goreng yang Terbakar

Kenapa Minyak Goreng Terbakar

Pertama kita harus mengetahui kenapa minyak dapat terbakar menjadi kobaran api. Saat minyak mendidih, bau gosong, apabila dibiarkan terus-menerus maka minyak akan berubah fungsi menjadi bahan bakar layaknya minyak tanah. Pada kondisi titik panas ini, dengan sendirinya minyak goreng akan terpicu menjadi kobaran api. Untuk itu, jangan pernah memasak minyak goreng tanpa pengawasan.

Efek Penyiraman Air Untuk Memadamkan Minyak Goreng yang Terbakar

Saat minyak goreng terbakar, umumnya orang akan panik, adrenalin naik, jantung berdebar dan gemetaran, alhasil langkah yang diambil pun salah. Orang biasanya akan langsung mengambil air untuk memadamkan api minyak goreng yang terbakar di kompor tersebut, dan efeknya kobaran api menyembur kemana-mana. Kenapa bisa demikian?

Pada saat air disiram ke minyak goreng, air tidak akan bercampur dengan minyak, namun justru turun ke dasar wajan dan minyak naik ke permukaan. Hal ini disebabkan berat jenis air lebih berat dari minyak. Air yang menyentuh dasar wajan yang panas tersebut akan langsung mendidih dan menguap seketika, uap inilah yang menjadi tenaga pendorong minyak untuk menyembur ke segala arah, sehingga timbulah sebuah semburan api yang besar dan membahayakan orang tersebut dan seisi rumah.

Video Ilustrasi Dalam Gerak Lambat: Memadamkan Minyak yang Terbakar dengan Air

Tips Memadamkan Kobaran Api di Kompor

Untuk memadamkan kobaran api di kompor, sebaiknya gunakan pemadam api mini atau fire stop yang dijual umum dengan harga murah (30K). Pemadam ini menggunakan Foam sehingga aman, tidak beracun dan dapat dibersihkan, tidak seperti APAR CO2 yang beracun.

Mini APAR / Fire STOP

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.