Template Thumnail OMICRON

Paham Teori Dasar & Aplikasi, Praktek Setting, Kini Saatnya Praktek Pengujian

Setelah kemarin kita bahas bagaimana prinsip kerja relay Directional Overcurrent (ANSI-67), seperti apa saja aplikasinya dan bagaimana cara mensettingnya. Setelah kita memahami itu semua, langkah berikutnya yang harus kita tahu adalah bagaimana cara mengujinya.

Prinsip Kerja Simple, Pengujiannya Kok Rumit dan Nggak Ketemu Caranya?

Mungkin prinsip kerja dari relay ini cukup sederhana, arahnya maju atau mundur, kalau arahnya tidak sesuai setting maka dia akan block. Meski demikian untuk menuangkannya ke dalam bentuk format injeksi tiga-phasa, hampir kebanyakan orang akan kebingungan karena relay ini nggak trip-trip atau sebaliknya.

Hal ini disebabkan format injeksi yang digunakan adalah Quick CMC, sedangkan format directional tidak sama dengan diagram phasor 3-phasa di Quick CMC. Disini kita membutuhkan format injeksi dengan modul software Overcurrent yang sudah ada di Test Universe OMICRON. Dengan modul ini kita dapat dengan mudah memasukkan parameter relay dan mengujinya sesuai dengan karakteristik sudut dan format injeksi yang benar dan sesuai dengan kondisi gangguan sebenarnya.

Video Teknik Pengujian Directional Overcurrent via Test Universe OMICRON

Bagaimana caranya? Mari kita simak secara detail pada video dibawah ini:

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.