Trip Alert Thumb Indo

Apakah Relay Saya Rusak ?

Saya seringkali mendapat pertanyaan, “mas, kenapa ya relay argus saya tidak muncul indikasi trip dan arus gangguannya pada saat ngetrip? Apakah relay-nya rusak, soalnya relay lainnya nggak masalah.

Apabila sobat readers memiliki pertanyaan serupa, semoga artikel ini dapat membantu. Yang perlu untuk saya garis bawahi adalah apabila sobat readers memiliki masalah seperti ini maka belum tentu relay-nya mengalami kerusakan. Boleh jadi, ada setting yang terlewat disana, setting apakah yang terlewat? Langsung saja kita bahas berikut ini.

Setting “Trip Config” Sering Terlewatkan

Pada saat mensetting relay, fokus konsentrasi kita rata-rata tertuju pada hal pokoknya saja dan buru-buru sering membuat setting Trip Config terlewatkan, termasuk saya sendiri. Biasanya kita hanya fokus mengaktifkan fungsi proteksi, memasukkan nilai setting dan mencentang contact ouputnya (BO) saja, setelah itu langsung upload, alhasil trip config ketinggalan.

Padahal Trip Config inilah yang menjadi patokan relay, bahwa BO yang dimasukan kedalam trip config akan menjadi trigger Fault Record dan Trip Alert. Selalu samakan output BO yang digunakan ke Trip Coil CB dengan BO pada Trip Config. Jika ini sudah kita lakukan, maka Trip Alert beserta event record, jenis gangguan dan nilai arus gangguan akan muncul pada display LCD relay.

Video Cara Setting Trip Config Secara Manual dari Depan Relay

Video Cara Setting Trip Config Secara Manual via Software Reydisp Evolution

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.