Selamat Hari Pi guru-guruku, sobat-sobatku, ade-adeku, dan semuanya saja si seluruh dunia yang tengah mengarungi dunia ilmu pengetahuan dalam setiap langkahnya..!

Hari ini tepatnya 14 Maret 2010 tampilan banner Google.com berubah menjadi bangun lingkaran dan rumus seputar bilangan Pi. Jika anda klik banner tersebut maka anda akan di redirect ke dalam halaman pencarian seputar artikel tentang Pi (keyword="Pi").

Simbol π (kadang-kadang ditulis pi) adalah sebuah konstanta matematika yang nilainya adalah rasio dari setiap keliling lingkaran dengan diameter dalam ruang Euclides, inilah nilai yang sama sebagai rasio dari area lingkaran dengan kuadrat jari-jarinya.

Apabila lingkaran diameter adalah 1 satuan, maka lingkar adalah satu pi (π).

Nilainya kira-kira sama dengan 3.141593 dalam notasi desimal biasa. Konstanta ini juga dikenal sebagai Konstanta Archimedes, meskipun nama ini agak jarang terdengar. Banyak rumus dari matematika, sains, dan rekayasa tak pernah lepas dari bilangan π, yang merupakan salah satu konstanta yang sangat penting dalam matematika ataupun fisika.

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.