Tips Mengatasi MCB Meteran Listrik di Rumah yang Gampang Trip/Anjlok & Aman

Pernah ngerasa nggak sih kalau listrik di rumah sudah 1300VA dan beban-beban listrik yang dinyalakan juga watt nya kalau di total masih jauh dibawah 1300, tetapi MCB pada Meteran Listrik di rumah sudah trip? Menjengkelkan bukan? Apalagi kalau kita hendak menyalakan TV (100W) beserta Home Theater (200W) bersamaan pasti trip, begitu juga kalau kita menyalakan pompa air ataupun jet steam pencuci motor (500W) pasti trip.

“Ada nggak sih langkah untuk mengatasinya selain menambah daya yang pastinya akan membuat listrik mahal tetapi cara tersebut aman untuk peralatan dan tidak melanggar hukum?”

Tentu saja ada dan tips ini sangat masuk di akal dan sesuai dengan Hukum Ohm. Umumnya, peralatan listrik di rumah akan menyedot listrik besar  pada saat awal dinyalakan saja, atau dikenal dengan istilah inrush current atau bahasa awamnya adalah arus tarikan awal. Setelah inrush selesai dalam beberapa detik saja, maka peralatan listrik akan mengkonsumsi daya sesuai rating nominal yang tertera di spesifikasi peralatan.

Apabila digambarkan dalam grafik, proses inrush current atau tarikan awal pada saat listrik dinyalakan adalah seperti berikut ini:

grafik inrush current sebelum menggunakan inverator/resistor (merah) dan setelah menggunakan inverator (biru)

Untuk mengatasi inrush dapat dilakukan dengan menambahkan resistor untuk menaikkan nilai tahanan peralatan listrik sehingga arus menjadi turun sesaat pada saat terjadinya inrush, dan resistor di bypass pada saat peralatan listrik sudah pada posisi beban normal. Alat yang bertindak seperti ini di pasaran di kenal dengan istilah inverator atau soft starter atau slow starter. Harganya pun cukup murah dan terjangkau, kisaran 50 s/d 100 ribu rupiah, namun sudah mampu mengatasi masalah inrush current yang ada pada peralatan listrik di rumah, sekaligus membantu mengamankan peralatan listrik dari resiko kebakaran yang timbul dari loncatan bunga api karena besarnya arus inrush.

Gambar terkait

Penjelasan detail serta demo sebelum menggunakan soft starter resistor/inverator dan setelah menggunakan inverator akan dikupas tuntas pada video dibawah ini:

Baca Keseluruhan Isi Posting Ini >

Training Gratis: SIPROTEC 5 Complete Tutorial (Free Video Training by Siemens AG)

Bagi rekan-rekan yang masih baru mengenal atau sedang belajar bagaimana caranya mengkonfigurasi relay ini, link-link video dibawah ini tentunya akan sangat membantu dalam mempelajari relay SIPROTEC5. Yang biasanya kita harus merogoh kocek untuk dapat mempelajari relay ini dengan pergi ke Jerman dan registrasi training di Power Academy Siemens, saat ini kita cukup langsung menontonnya di Youtube dan tentunya di dalam video ini menghadirkan para professional trainer dari Siemens AG (yang merupakan guru saya).

Oke tunggu apalagi, langsung saja kita simak video tutorialnya di link dibawah ini:

clip_image002[1]
 

 


SIPROTEC 5 hardware design (English)

by Manfred Unterweger
  clip_image003[4]
clip_image004[22]SIPROTEC 5 Protection Devices – Introduction
clip_image004[23]SIPROTEC 5 Protection Devices – Assembly
clip_image004[24]SIPROTEC 5 Protection Devices – Front Side
clip_image004[25]SIPROTEC 5 Protection Devices – Back side part 1
clip_image004[26]SIPROTEC 5 Protection Devices – Back side part 2
clip_image004[27]SIPROTEC 5 Protection Devices – Name plate
 clip_image003[5]

clip_image005[3]

clip_image007[1]

 

SIPROTEC 5 configurator - MLFB/Order Code Selection Tutorial (English)

by Udo Faubel

 

clip_image004[28]SIPROTEC 5 Configurator – Introduction
clip_image004[29]The SIPROTEC 5 Configuratorclip_image003[6]

clip_image005[4]

clip_image009[1]

Expansion of SIPROTEC 5 devices (English)

by Dr. Thomas Liebach

 

clip_image004[30]SIPROTEC 5 – Function expansion for protection devices
clip_image004[31]SIPROTEC 5 – Input/ output expansion
clip_image004[32]SIPROTEC 5 – Communication expansion
 clip_image003[7]

 

clip_image005[5]

clip_image011[1]

 

 

DIGSI 5 Engineering & Configuration Tutorial (English)

by Claus Wagner

 

clip_image004[33]DIGSI 5: Chapter 1 – Introduction
clip_image004[34]DIGSI 5: Chapter 2 – Creation of a project, adding a device
clip_image004[35]DIGSI 5: Chapter 3 – Device information
clip_image004[36]DIGSI 5: Chapter 4 – Communication and hardware modification
clip_image004[37]DIGSI 5: Chapter 5 – Routing of information in the matrix
clip_image004[38]DIGSI 5: Chapter 6 – Device settings
clip_image004[39]DIGSI 5: Chapter 7 – Display editor
clip_image004[40]DIGSI 5: Chapter 8 – CFC - the logic editor
clip_image004[41]DIGSI 5: Chapter 9 – Creating of a OHL (over headline feeder)
clip_image004[42]DIGSI 5: Chapter 10 – Adding the transformer infeed configuration
clip_image004[43]DIGSI 5: Chapter 11 – Adding of a transformer feeder

 

Selamat Belajar dan Semangat..

Baca Keseluruhan Isi Posting Ini >

Cara Mengatasi Relay Reyrolle Argus yang Out Of Service/Tidak Mau TRIP

Saya sering sekali mendapat pertanyaan dari temen-temen di lapangan mengenai relay reyrolle argus yang tidak Trip dan ternyata hal tersebut hanya dikarenakan relay masuk ke mode Out Of Service secara accidentally.

Di video ini dibahas tuntas bagaimana cara mengatasi relay yang masuk ke out of service, apa penyebabnya berikut bagaimana cara pencegahannya.

Komplit bukan?! So, tunggu apalagi, langsung saja kita simak video tutorial: Cara Mengatasi Relay Reyrolle Argus yang Out Of Service atau Tidak Mau TRIP disini:

Baca Keseluruhan Isi Posting Ini >

Setting Parameterisasi Fungsi ANSI76-Autoreclose di Relay SIPROTEC 5 (DIGSI 5)

Pada kesempatan kali ini kami berhasil membuat video tutorial (yang telah di-update berdasarkan masukan rekan-rekan) tentang bagaimana Cara Setting Parameterisasi Fungsi ANSI76-Autoreclose di Relay SIPROTEC 5 (DIGSI 5). Video tutorial ini merupakan implementasi dari artikel yg sudah pernah diposting sebelumnya: Cara Menambahkan Fungsi Autoreclose di 7SJ82 SIPROTEC5 dan Cara Settingnya

Pada video ini, anda akan dipandu dalam melakukan setting dengan tampilan yang jelas dan mudah untuk diikuti, dan setting ini sudah kami uji cobakan dalam sistem dan berhasil Reclosing dengan baik. Bagaimana membuat reclose sebanya 3 kali melalui penambahan Cycle, kemudian bagaimana setting Binary Inputs dan Outputs agar AR dapat bekerja sesuai dengan sistem yang kita kehendaki. So, tunggu apalagi, langsung saja kita simak videonya disini:

Baca Keseluruhan Isi Posting Ini >

Video Cara Setting Fungsi ANSI 46BC Broken Conductor pada SIPROTEC 5 7SJ82

Pada kesempatan kali ini kami talah berhasil mengabadikan sebuah video tutorial bagaimana cara setting ANSI-46BC pada relay SIPROTEC5 yang umumnya temen-temen di lapangan masih agak kesulitan dengan bagaimana cara memunculkan fungsi 46BC Broken Conductor pada SIPROTEC5.

Dengan video tutorial ini diharapkan teman-teman tidak kesulitan lagi dengan bagaimana cara menambahkan fungsi ANSI 46BC Broken Conductor pada relay SIPROTEC5 melalui software DIGSI5.

Langsung saja kita simak videonya dibawah ini:

Baca Keseluruhan Isi Posting Ini >

Video Step-by-Step Tutorial Update/Flash Firmware Reyrolle Argus 7SR

Pada kesempatan kali ini kami telah berhasil mengabadikan sebuah rekaman video tutorial yang merupakan praktik LIVE STREAMING dari artikel ini: Update Firmware untuk Mengatasi Relay “Siemens-Reyrolle” yg Bermasalah.

Semoga dengan video ini akan jauh lebih mempermudah dan memberikan gambaran yang detail dan jelas kepada seluruh temen-temen di lapangan. Video tutorial ini sangat membantu dalam mengatasi segala permasalahan relay seperti fungsi atau fitur-fitur dirasa ada yang kurang untuk versi-versi lama, atau anda lupa password relay, atau relay mengalami boot-loop atau istilah lainnya pada HP adalah ngebrick alias restart terus atau stuck. Jadi jangan gegabah untuk membuang relay, karena kita bisa melakukan repair sendiri dengan trick ini, yang tentunya jarang sekali ada referensi tutorial bagaimana cara mengatasi relay bermasalah. So, simak video tutorial dibawah:

Baca Keseluruhan Isi Posting Ini >