Cover IEC 60044-1 International Standard Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi buku panduan wajib seorang electrical engineer ini kepada rekan-rekan serta ade-ade mahasiswa semua. Saya berharap dengan buku ini, kompetensi praktisi teknik listrik di Indonesia terutama yang berkecimpung dalam sistem tenaga listrik dapat lebih baik lagi bahkan mampu menandingi tenaga ahli asing yang bekerja di Indonesia (yang pada hakekatnya belum tentu lebih baik dari kita).

Tanpa sebuah dasar acuan standar, bagaimana kita bisa mengatakan “ini salah dan ini benar” bahkan ketika dibohongi oleh pelaksana proyek dari pihak asing pun kita tidak akan pernah mengetahuinya bukan? Bundle pdf ini wajib anda miliki jika saat ini anda adalah seorang konsultan dalam bidang ketenaga-listrikan. Bahkan hampir seluruh isi PUIL pun diadopsi dari IEC (International Electrotechnical Commission).

IEC 60044 adalah satu bundel pokok bahasan yang mengupas tentang segala jenis “Instrument transformers”, seperti: ketentuan-ketentuan umum, spesifikasi yang harus dimiliki, jenis-jenis test beserta batasan nilai yang diperbolehkan dan masih banyak lagi.

  • IEC 60044-1 Current transformers, seluruh ketentuan-ketentuan umum, spesifikasi yang harus dimiliki oleh CT, jenis-jenis test beserta batasan nilai yang diperbolehkan untuk CT dan masih banyak lagi standar-standar nilai yang digunakan oleh banyak negara di dunia ada disini.

Bagi yang tertarik dengan buku ini, dapat diunduh disini (format PDF).

Tks..

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.