Apakah anda punya masalah seperti ini?

Punya Relay Proteksi SIPROTEC 4 seperti gambar dibawah, punya softwarenya juga (DIGSI 4), tetapi tidak dapat mengkomunikasikan dari laptop ke relay…

image

Ini adalah beberapa trik mudah yang mungkin dapat membantu permasalahan anda.

imageLangkah pertama, pastikan port RS232 di komputer anda berfungsi dengan baik. Apabila laptop anda tidak dilengkapi dengan port RS232, anda dapat membeli kabel “USB to RS232” seperti dibawah ini, harganya tidak mahal dan banyak tersedia di toko komputer.

.

.

Install CD driver USB-232 ke komputer. Setelah instalasi selesai, kita tidak dapat menghubungkan langsung kabel USB-232 ini langsung ke relay. Kenapa begitu? Dikarenakan port RS232 relay SIPROTEC posisi TX-RX nya di pin yang sama, sehingga diperlukan kabel CROSS atau menyilangkan pin TX dan RX di pin No 2 dan pin No 3. Anda dapat membeli kabel DIGSI ini ke Siemens langsung atau membuatnya sendiri.

Untuk Kabel CROSS ini dipasaran disebut dengan kabel NULL MODEM. Hanya saja kabel yang beredar di pasaran umumnya kepalanya adalah female-female atau cewe-cewe, sedangkan yang dibutuhkan adalah male-female. Ini dapat diakali dengan memasang gender changer male-male atau mengganti kepalanya dari cewe ke cowo.

Bagi anda yang mau sedikit berkreasi menyolder, saya sarankan anda membuatnya sendiri seperti gambar dibawah ini konfigurasinya:

Kabel DIGSI / SIPROTEC

clip_image002

Anda cukup membeli DB9 male dan female 1pcs sepasang, kabel isi 2 dengan shield atau bisa juga kabel audio isi 2 dengan serabut tembaga menyelubungi diluar. Berikut adalah contoh peralatan yang dibutuhkan

Image result for audio cable twisted shieldedimageimage

Jadilah kebel DIGSI kita

image

Sekarang sambungkan kabel yang kita buat tadi ke kabel USB-232, kemudian sambungkan ke relay dan laptop menggunakan kabel tersebut. Buka software DIGSI 4 dan cobalah koneksikan dengan klik kanan terus pilih “Plug & Play”, apabila berhasil maka proses bar download muncul dan anda bisa masuk ke setting.

image

Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat.. -red

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.