Siemens Transformer

Latar Belangang

Ketika berhadapan dengan relay Siemens 7UT6 series banyak sekali pertanyaan tentang berapa ampere yang harus di-inject agar mendapati IDIFF = 0.2 I/InO

Seringkali teman-teman disini mengalami kesulitan untuk menjabarkan atau mendapatkan korelasi antara besarnya ampere yang di-inject Omicron dengan nilai setting I/InO pada 7UT6 sampai relay ini TRIP. Kita sering salah kaprah tentang definisi antara nilai ampere dengan I/InO pada 7UT6.

Apa itu seting IDIFF (I/InO) pada relay 7UT6?

Disadari atau tidak, saat men-setting relay 7UT63 pasti anda teDIGSI 4 Setting: SIPROTEC 7UT6 Trafo Diffrpaku dengan angka 0.2 I/InO (setting no. 1221). Disini akan timbul pertanyaan, 0.2 I/InO ini kalau diinject dengan Omicron maka harus diinject berapa ampere ya? Apakah 0.2 I/InO ini sama dengan 0.2A perbedaan antara input CT primer dengan input CT skunder?

Ternyata Bukan…

Nilai IDIFF pada relay 7UT adalah nilau PU (per unit), sehingga nilai Daya trafo berikut dengan ratio CT primer Trafo dan ratio CT skunder Trafo harus dihitung terlebih dahulu. Disini nilai terpenting yang dibutuhkan adalah InO atau I Nominal Trafo. Apakah I nominal Trafo itu?

Untuk memahaminya, kita harus membuat perhitungan sederhana seperti gambar dibawah ini sebagai ilustrasi.

Trafo I-nominal calculation

Dari sini akan dita dapati Inominal sisi primer (k1) = 400/378 dan Inominal sisi skunder (k2) = 2000/1663 dalam nilai primer atau nilai sebenarnya sebelum dibagi dengan ratio CT. Jika kita ingin mengetahui berapa besarnya nilai arus skunder, maka kita harus membagi nilai ini dalam skunder, dengan cara membagi dengan 400A/5A untuk k1 dan 2000A/5A untuk k2.

Untuk lebih mudahnya, sudah saya buat Excel yang akan otomatis menghitung dari nilai rating Trafo yang di-inputkan ke form Excel ini berikut dengan nilai setting IDIFF Relay yang digunakan.

Excel Calculator for IDIFF SIPROTEC 7UT6 - Trafo Diff Relay

File Excel tersebut dapat anda DOWNLOAD DISINI

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.