Pengenalan

Contoh gambar Facebook Share ButtonJika anda sesekali berkunjung ke situs saya atau situs sobat blogger yang lain, mungkin anda akan menemui sebuah tombol seperti yang ditunjukkan oleh gambar disamping disana.

Apa sih ini?

Tombol ini adalah tombol berbagi  ke facebook yang dilengkapi penghitung berapa kali orang yang telah turut serta membagikan halaman yang sedang dibaca ke banyak orang.

Lalu apa sih fungsi tombol ini di dalam situs blog?

Konten ataupun isi di dalam sebuah situs blog biasanya bersifat creative-common (cc) dan share-alike (sa) yang mengandung makna bahwa seluruh konten blog merupakan kreatifitas bersama dan dapat di redistribusikan atau dibagikan kembali oleh orang lain. Untuk mempermudah seorang pembaca berbagi artikel menarik yang telah dibacanya dengan teman-temannya, maka dibuatlah tombol ini.

Cara Penggunaan

Jika anda menyukai artikel yang tengah anda baca di situs ini ataupun di situs sobat blogger yang lain, anda boleh membagikan tautan/link artikel tersebut ke sahabat dan teman-teman anda yang mungkin belum pernah membacanya.

Caranya sangat mudah, anda cukup menekan/klik tombol tersebut dan sesekali anda akan diminta login ke akun di facebook. Kemudian tautan/link beserta cuplikan gambar dan artikel yang ada pada halaman yang sedang anda baca akan muncul disana.

Tekan tombol “kirim” di jendela munculan (popup) facebook tersebut, dan link artikel secara otomatis akan terkirim dan muncul di dalam facebook teman-teman anda. Cukup mudah bukan? tinggal klik saja dan selesai!

Catatan: tombol ini hanya dapat digunakan apabila anda memiliki akun di facebook, jika tidak anda dapat menggunakan layanan tombol retweet, del.icio.us, digg, dsb. yang telah saya sediakan di situs ini.

Berbagi informasi pun sebuah sedekah

Meskipun artikel yang anda bagikan tersebut bukan tulisan anda sendiri, namun dengan membagikannya anda sudah melakukan sebuah ibadah. Karena berbagi ilmu dan informasi yang di dapat dan dibaca ke orang lain agar ikut membacanya pun sebuah sedekah.

Bagi pemilik situs/blog dan penulis artikel di internet, kesediaan anda berbagi pun merupakan semangat bagi seorang pemilik blog atau blogger. Semangat yang akan terus menginspirasi penulis blog untuk terus menuangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dan aneka informasi menarik lainya di dalam situs blognya.

Siapa bilang dunia maya hanya untuk kegiatan negatif, buktinya kita masih bisa beramal dan bersedekah ilmu di internet, betul tidak…? Disamping itu anda bisa meraih imbalan berupa “Jempol” dan “i like this” dari teman-teman anda yang juga menyukai tautan artikel-kiriman anda tersebut.

Cara Bikin Tombol Ini

Sebelum baca: “Tutorial berikut ini hanya untuk pemilik situs dan blogger-mania, untuk readers yang tidak mempunyai situs mungkin akan pusing dengan tutorial berikut ini”.

Jika anda adalah seorang pemilik blog dan kebetulan belum memasang tombol ini di blog anda, maka silahkan simak cara pemasangan serta code yang harus anda tempatkan disana berikut ini:

Kode Dasar

Anda cukup copy-paste code berikut ini di dalam halaman situs anda:

<script src="http://widgets.fbshare.me/files/fbshare.js"></script>

Advanced Options

The button also supports advanced configuration through the following variables:

  • size - The size of the button: 'large' OR 'small' (if not specified, defaults to 'large')
  • url - The URL of the page you want shared on Facebook (if not specified, defaults to that of the page on which the button is displayed)
  • title - The name of the page you want shared on Facebook (if not specified, defaults to that of the page on which the button is displayed)
  • google_analytics - If no awesm_api_key specified, sets whether fbshare.me links have Google Analytics parameters added: true OR false (if not specified, defaults to false)
  • awesm_api_key - For existing awe.sm customers only (if not specified, will use fbshare.me links)
  • badge_text - Change the color of the text in the badge for the large button (use standard CSS RGB hex codes, *do not* include a leading #)
  • badge_color - Change the color of the badge background for the large button (use standard CSS RGB hex codes, *do not* include a leading #)

Untuk para pengguna Blogger.Com layanan dari Google seperti situs blog yang sedang saya gunakan sekarang. Silahkan simak cara penempatan berikut ini,

Pertama-tama simpanlah kode template anda saat ini, kemudian Carilah kode dibawah:

<data:post.body/>

Kemudian letakkan kode berikut ini dibawah atau diatas kode diatas sesuai yang anda kehendaki. Letakan kode dibawah ini tepat diatas kode tersebut diatas untuk menampilkan tombol pada bagian awal artikel, begitu juga sebaliknya, letakan kode dibawah ini tepat dibawah kode tersebut diatas agar tombol ditampilkan pada bagian bawah artikel.

<span style='padding: 9px 5px 5px 10px; float: right;'>

<script>var fbShare = { url: &#39;<data:post.url/>&#39;, size: 'large'; }</script> <script src="http://widgets.fbshare.me/files/fbshare.js">

</script>

</span>

Ganti “float: right;” menjadi “float: left;” jika anda menginginkan posisi tombol berada di sebelah kiri. Rubah nilai padding (dalam satuan pixel) sesuai yang anda kehendaki.

Untuk memasang tombol ini secantik mungkin di blog anda, silahkan bereksperimen sendiri karena tema/template setiap blog berbeda-beda peletakanya. Apabila kode “post.body” terdapat lebih dari satu, pilihlah salah satu dimana artikel anda ditampilkan disana.

Layanan ini dipersembahkan oleh fbShare.me

Selamat mencoba dan selamat bereksperimen, jika mengalami kesulitan silahkan beri komentar dibawah.

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.