Hari ini, 23 Maret 2010, yang ditandai dengan cuaca yang sangat menyengat kemudian diikuti oleh hujan lebat dan petir yang menggelegar, ternyata merupakan Hari Meteorology Sedunia.

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari atmosfer bumi khususnya untuk keperluan prakiraan cuaca. Kata ini berasal dari bahasa Yunani meteoros atau ruang atas (atmosfer), dan logos atau ilmu.

Meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer.

Sejarah

Pada tahun 350 Sebelum Masehi, Aristoteles menulis tentang Meteorologi. Aristoteles dianggap sebagai pendiri meteorologi. Salah satu prestasi yang paling mengesankan yang digambarkan olehnya dalam Meteorologi adalah deskripsi dari apa yang sekarang dikenal sebagai siklus hidrologi.

Ilmuwan Yunani, Theophrastus, menyusun sebuah buku tentang peramalan cuaca, yang disebut Kitab Tanda. Karya Theophrastus tetap menjadi dominan dalam studi pengaruh cuaca dan prakiraan cuaca selama hampir 2.000 tahun. Pada tahun 25 Masehi, Pomponius Mela, seorang ahli geografi untuk Kekaisaran Romawi, meresmikan sistem zona iklim.

Sekitar abad ke 9, Al-Kindi (Alkindus), seorang naturalis Arab, menulis sebuah risalah berjudul meteorologi Risalah fi l-Failali illa al-Madd wa l-l-Fazr (Risalah tentang Penyebab Efisien Aliran dan Ebb), di mana ia menyajikan sebuah argumen pada gelombang yang "tergantung pada perubahan-perubahan yang terjadi dalam tubuh karena naik turunnya suhu." Juga pada abad ke-9, Al-Dinawari, seorang Kurdi naturalis, menulis Kitab al-Nabat (Book of Plants), di mana ia berkaitan dengan penerapan meteorologi pertanian selama Revolusi Pertanian Muslim. Dia menggambarkan karakter meteorologi langit, planet-planet dan bintang-bintang, matahari dan bulan, yang mengindikasikan fase lunar musim dan hujan, anwa (benda-benda langit hujan), dan fenomena atmosfer seperti angin, guntur, petir, salju, banjir , lembah, sungai, danau, sumur dan sumber air lainnya.

Aplikasi

Prakiraan cuaca

Prakiraan cuaca adalah penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memprediksi kondisi atmosfer untuk masa depan waktu dan lokasi tertentu. Manusia telah berusaha untuk memprediksi cuaca secara informal selama berabad-abad, dan secara resmi setidaknya sejak abad kesembilan belas. Cuaca prediksi dibuat dengan mengumpulkan data kuantitatif tentang keadaan saat ini atmosfer dan menggunakan pemahaman ilmiah proses atmosfer untuk proyek bagaimana suasana akan berevolusi.

Ada berbagai pengguna akhir ramalan cuaca. Peringatan cuaca prakiraan penting karena mereka digunakan untuk melindungi nyawa dan harta. Forecasts berdasarkan suhu dan curah hujan penting bagi pertanian, dan oleh karena itu untuk komoditas pedagang di dalam pasar saham. Prakiraan suhu digunakan oleh perusahaan-perusahaan utilitas untuk memperkirakan permintaan selama beberapa hari mendatang. Pada dasar sehari-hari, orang menggunakan ramalan cuaca untuk menentukan apa yang akan dikenakan pada hari tertentu. Karena kegiatan luar sangat dibatasi oleh hujan lebat, salju dan angin dingin, perkiraan dapat digunakan untuk merencanakan kegiatan-kegiatan di sekitar kejadian-kejadian ini, dan untuk merencanakan ke depan dan bertahan hidup mereka.

Bagaimana Saya Tahu Hari Ini Hari Meteorologi Sedunia?

Kaskus Banner special for Meteorology Day!

Karena saya memiliki situs pusat informasi terbaik di dunia, KasKus, saya bisa tahu karena lihat banner KasKus hari ini :P plus dilengkapi dengan inpoh dari members yang selalu pro-aktif mengingatkan saia selama bertahun-tahun. I Love KasKus!! :D

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.