Saat berkomunikasi dengan control centre berbasis protocol IEC60870-5-101 atau 104, kita harus memahami bahwa range address dari protocol ini sangat lebar yaitu dari 0 s/d 16 juta lebih kombunasi address signal yang bisa dibuat.

Dan dalam protocol ini pemberian address dari signal terdiri dari dua metode input. Model pertama, address signal menggunakan tiga byte address berurutan yang dikenal dengan Index Of Address atau IOA1, IOA2 dan IOA2, pengaddressan model ini diberi nama structured address.

Metode yang kedua adalah diisi dengan satu buah angka desimal yang merupakan address gabungan dari tiga byte tadi, address model ini dikenal sebagai unstructured address.

Kedua model address diatas pada dasarnya sama saja, dan umumnya control centre seperti Sprectrum Power dapat menggunakan kedua address tersebut, tinggal klik saja mau address yg mana. Yang suka belibet biasanya adalah engineer yang konfigurasi mapping address di RTU, terkadang RTU hanya bisa model structured saja alias harus format IOA1, IOA2, IOA3. Dan ada juga yang hanya bisa format unstructured saja alias hanya satu IOA.

Disini engineer RTU harus dapat melakukan konversi address, apabila master memberikan address dalam format unstructured maka engineer RTU atau engineer automation harus sudah siap untuk mengkonversinya sesuai dengan RTU yang hanya bisa structured format, atau sebaliknya.

Apabila anda masih kesulitan untuk konversi address tsb, anda dapat menggunakan converter address dibawah. Cukup mudah dan ringan, tinggal isi dan klik. Selesai!

Structured IOA to Unstructured IOA Converter

or

Unstructured IOA to Structured IOA Converter

Jika anda ingin menggunakan converter web ini secara offline, cukup save saja halaman ini ke My Document sebagai html dan anda dapat membukanya kapan saja tanpa koneksi internet.

Excel Converter - IOA Unstructured to Structured for SCADA IEC-101/104Atau anda dapat menggunakan Excel Converter yang saya sudah buat, free untuk anda. DOWNLOAD DISINI

Semoga bermanfaat! Apabila tulisan ini cukup membantu untuk anda, boleh jadi teman-teman disekitar anda juga membutuhkan tulisan ini. Silahkan bagikan di facebook/twitter/google+ dengan menggunakan tombol share diatas. Mari bahu-membahu berkontribusi untuk maju bersama… (ari)

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.