In System Programming (ISP)

Apa sih ISP itu? ISP adalah singkatan dari diatas, lalu maksudnya? ISP adalah suatu cara memprogram sebuah mikrokontroller secara serial dan berlangsung ditempat, atau dengan kata lain tidak perlu melepas chip yg akan diprogram dari PCB nya. Chip tipe ISP lebih bisa memberikan solusi kepada mereka yg ingin belajar pemrogramman, membuat suatu project mikrokontroler, mencari kesalahan program (debug) dengan proses yg lebih cepat dan praktis serta sangat mudah dalam pembuatan sistem minimumnya di meski di rumah sekalipun.

Biasanya, flash memory dari sebuah chip mikrokokntroler ATMEL diprogram melalui antarmuka data parallel, yg mana data akan dikirim byte demi byte (menggunakan 8 line independen untuk data, alamat, control word dan input). Atau dengan kata lain ISP hanya membutuhkan 4 line, dan secara literal, data ditransfer melalui 2 line saya, seperti halnya antarmuka I2C, dimana data digeser bit demi bit. MOSI line adalah clock cycle diantara setiap bit dengan bit selanjutnya (didalam line SCK). Ah... teori-nya ntar aja dilanjutin ya. Mau pulang dulu niy, yg penting yg bawah dah komplit:

SCHEMATIC

Untuk rangkaian skematiknya bisa di download disini: AT89S51 Minimum System.

SOFTWARE

Untuk software antarmuka pemrogrammannya bisa di download disini:

  1. AEC-ISP software (49.525 Bytes), masih versi DOS version, update terakhir bisa anda temukan di : AEC-Electronics.
  2. ISP-PGM software (177.434 Bytes), versi windows version, untuk update terbaru bisa anda temukan di: Asim Khan's ISP software.
  3. ISP-PROG software lama (166.763 Bytes) dan baru (182.470 Bytes), versi windows version, update terakhir bisa anda temukan di : Adam's Home Page ISP PROG ATMEL89Sxx.

PCB LAYOUT

Karena rangkaian ini tidak banyak memerlukan komponen, PCB untuk minimum system ini bisa memakai PCB single layer dengan ukuran 5.5x7.5 cm. Cukup kecil untuk sekedar bereksperimen. Layout PCB bisa menggunakan gambar tangan atau bisa juga dengan kertas toner transfer. Prototipe dibawah menggunakan gambar tangan ko, jadi ga usah ragu dalam bereksperimen (jangan takut dibilang jelek, yg bagus pun belum tentu bekerja dengan baik kan? Atau bisa-bisa itu dapet beli di pasar).

Ini adalah Desain PCB and the PCB layout-nya.


PART LISTS

List komponen untuk Minimum Sistem ISP ini adalah sbb:

   1. Resistors :     

    • R1 = 10 kOhm: 1 pcs      
    • R2 = 470 Ohm: 1 pcs      
    • RP1 = 8x10 kOhm: 1 pcs

   2. Capasitors :     

    • C1,C2 = 33 pF : 2 pcs      
    • C3 = 10 uF/16 V : 1 pcs      
    • C4 = 220 uF/16 V : 1 pcs      
    • C5 = 100 uF/16 V : 1 pcs      
    • C6 = 100 nF : 1 pcs

   3. Semiconductors :  

    • IC1 = AT89S52 (Microcontroller, another S-type) :   1 pcs      
    • IC2 = 7805 (Variabel Regulator) :   1 pcs      
    • IC3 = 74LS244 (2-Quad Buffer, optional) :   1 pcs      
    • BD = 4 x 1N4007 (silicon diode) :   4 pcs      
    • LED1 = Red 3mm :   1 pcs

   4. Others :     

    • Optional IC socket for 40-pins :   1 pcs      
    • IDC connector, 10-pins (4 x I/O ports) :   4 pcs      
    • SIP connector, 6-pins (ISP cable) :   1 pcs      
    • SIP connector, 2-pins (power supply) :   1 pcs      
    • X'tal = 11.0592 MHz (another kind) :   1 pcs      
    • DB-25 connector type (male) with housing :   1 pcs      
    • Single layer PCB, size about 5.5cm x 7.5cm :   1 pcs      
    • Transformer P=220V, S=9~12V/0.5A (Adaptor) :   1 pcs

KABEL ISP

Ada banyak jenis Kabel ISP dengan bermacam desain, tapi saya sarankan pilihlah tipe kabel yg tepat dan sesuai dengan PC / Komputer. Karena ada beberapa tipe desain yg tidak bisa bekerja dengan baik untuk beberapa tipe komputer, dan yg lainnya ok-ok saja. Dari pengalaman saya memang ada beberapa tipe motherboard PC yg port parallelnya mensuplai tegangan kurang dari 5V, untuk tipe baru biasanya menggunakan 3V (harus menggunakan buffer) dan yg tipe PC lama masih menggunakan tegangan 5V (semua tipe kabel OK).

  1. Kabel AEC-ISP dengan buffer (77.841 Bytes) di deasin oleh Ibrahim Kamal, AEC-ISP kabel direct/langsung (49.525 Bytes) dari software-nya.
  2. Asim Khan Kabel ISP-PGM dengan buffer (7.697 Bytes), Kabel ISP-PGM direct (25.752 Bytes).
  3. Beragam jenis koneksi kabel data (182.470 Bytes) dari Adam's software.

PROTOTYPE

Prototipe ini kira-kira berukuran (5.5 x 7.5) cm PCB single layer. Ini adalah ukuran yg mungkin dan nyaman untuk digunakan apalagi pembuatannya masih memakai layout gambar tangan. Semua yg diperlukan adalah sebuah PCB kecil dengan mikon ATMEL seri-S, sebuah kabel parallel DIY, dan sebuah power supply kecil wallwart. Dan sudah bisa melakukan cukup eksperimen dengan mikon kecil ini.

My prototype board size (5.5 x 7.5) cm

Asim Khan ISP-PGM cable without buffer (direct connection)

AEC-ISP cable without buffer (direct connection)

A small wallwart power supply rating 9V-AC/500mA

Overall prototype, I make 2, and more for next projects

Contoh aplikasi dan program ASM / C++ belum sempet posting, jadi mohon sabar aja mungkin di postingan selanjutnya. Selamat Mencoba & Selamat Tahun Baru 2009. Ari Sulistiono (TL Angk. 2002)

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.