Modifikasi Tahap 1 (Rubah Penampilan Ala Yamaha-X1R).

Dua hari yang lalu, tepatnya tanggal 26 Des 08, mumpung masih liburan iseng i seng jalan - jalan ke bengkel temen. Kebetulan dia ada barang baru, ga tau barang selundupan dari mana tapi yang jelas kayaknya kode spare part Yamaha itu bukan kode Yamaha sini. Setelah amatin terus coba buka ternyata dus itu berisi dus stang jepit motor X1R + spedometernya.

Karena barang udah cukup lama nongkrong di gudang, temen yg punya bengkel bilang 'kalo lo mao, bayarin aje tuh stang 1,8 jt'. Sayang duit lagi cekak, akhirnya ngobrol bole ngobrol eh kena juga tuh stang ngutang dulu.

Stang dapet bawa pulang, langsung lepas konde si seksi trus ganti wig ala Thailand punya. Untukngnya stang ini bener-bener BOLT-ON dengan si cantik Jupe MX. Ada kendala sedikit pas pasang grip throtle bawaan MX ke control-pad X1R. Tapi masih bisa diakalin dan sebetulnya gampang banget asal ga panikan aja.

IMG_0023

Kebetulan gw ngekos di kebon jeruk, jadi masih banyak penduduk asli situ, tiap gw dateng pasti ditereakin 'Ri..., motor lu apain?? jadi kaya motor robot, runcing-runcing begitu..'. Pas isi angin juga ditanyain 'mas, ini MX yang baru ya?' Sayangnya bukan, ini cuma MX modifan. Krn gw udah males ganti-ganti motor. Ga usah beli mahal kalo cuma buat pendamping setia, yg penting cantik luar dalam, ya kan?

IMG_0017 

Masih pake spion yg lama, krn lebih jelas liat belakang khususnya di RPM tinggi. Kalo pake yg kecil bisa aja, lebih gaya mungkin, tapi keselamatan sang pengendara dan si cantik jauh lebih penting kan?

 IMG_0007     

Sementara masih pake lampu senja, sampai dateng lampu besar + dada yg baru, yg lebih montok pastinya biar tambah menggairahkan..

 IMG_0012

Untuk ban, sementara cukup pake ini dulu. Mau ga mau gw harus sadar sama kondisi kantong gw sendiri. Jadi kalo masih layak jalan kenapa harus mikir buru-buru ganti. Modif bertahap malahan bikin hubungan yg langgeng antara motor dan pengemudi kan?

  IMG_0016

Console akan menyala setiap kontak motor di-ON kan. Semua tulisan, bar serta point gauge nya menyala dan merah membara. Jadi pengemudi lebih yakin dan mantap dengan tunggangannya yg seksi ini.

panel_meter

Memang belum selesai sih, tapi gw cukup puas dan nyaman (irit & ga rewel atau jajan melulu) dengan dandanan sekarang ini ataupun dandanan aslinya. Yg jelas pake stang ini jadi lebih stabil dan lepas dua tangan pun tetep stabil (ga banting kanan-kiri) tanpa perlu usaha buat nyeimbangin badan yg berlebihan. Bukan untuk kebut-kebutan, gaya-gayaan, tapi lebih ke keamanan dan kenyamanan berkendara.

Modifikasi Tahap 2 (Rubah Tampilan Luar, Tapi Tetep Ala Yamaha)

Setelah gelap-gelapan gara-gara ga ada lampu besar (cuma lampu senja doang), eh ternyata memang bener-bener rejeki. Dada depan + lampu yg gw pesen dari Lent udah jadi cuma dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu seperti yg dijanjikan. Cuma 3 hari sudah ada barangnya!

Akhirnya tgl 31 pun si cantik gw bawa ke salon lagi biar tambah cantik dan siap utk berpesta nanti malam. Kebetulan kemarin kabelnya juga masih semrawut, jadi ada kesempatan buat pinjem alat-alat bengkel buat ngerapihin. Akhirnya wajah si cantik pun berubah spt ini:

IMG_0009

IMG_0007

Dan akhirnya gw dapet juga spion yg cakep dan nyaman buat berkendara. Model tanduk dengan kaca cembung yg cukup lebar dgn posisi yg mantap jadi tidak bergetar/berbayang pada RPM tinggi.

IMG_0020

 IMG_0021

Kemudian yg ga kalah penting adalah besarnya lumen dan flux lampu depan harus sesuai dg posisinya, selain itu fungsi semua sein lampu rem dan dim dicek ulang dan harus bekerja dgn benar.

Cukup singkat waktu pengerjaannya, kurang dari setengah hari, karena emang ga mau buru-buru sih. Dan akhirnya si cantik nan jutek pun siap diajak menelusuri jalanan.

IMG_0012 

IMG_0018IMG_0019

Apapun motornya, sayangilah dia dan banggalah bahwa kita telah memilikinya. Maka dia akan senantiasa menemani perjalanan kita dengan nyaman dan aman. Jangan termakan bujuk rayu setan, yg hanya akan menguras kantong (part, fuel, & keselamatan pengendara) tanpa akhir yg pasti.

image

Bijaklah berkendara, dan hargailah sesama (tidak ada kaya/miskin, hidup cuma sekali).

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.