Pengenalan

image Pengaturan lebar pulsa modulasi atau PWM merupakan salah satu teknik yang “ampuh” yang digunakan dalam sistem kendali (control system) saat ini. Pengaturan lebar modulasi dipergunakan di berbagai bidang yang sangat luas, salah satu diantaranya adalah: speed control (kendali kecepatan), power control (kendali sistem tenaga), measurement and communication (pengukuran atau instrumentasi dan telekomunikasi).

Di dalam tutorial yang akan saya bahas kali ini akan mengajak anda mengenal dasar-dasar PWM dan implementasi PWM dengan menggunakan microcontroller. Yuk! mari kita belajar santai di internet..

Prinsip Dasar PWM

Modulasi lebar pulas (PWM) dicapai/diperoleh dengan bantuan sebuah gelombang kotak yang mana siklus kerja (duty cycle) gelombang dapat diubah-ubah untuk mendapatkan sebuah tegangan keluaran yang bervariasi yang merupakan nilai rata-rata dari gelombang tersebut.

Lebih jelasnya mari kita simak gambar dibawah ini,

Ton adalah waktu dimana tegangan keluaran berada pada posisi tinggi (baca: high atau 1) dan,

Toff adalah waktu dimana tegangan keluaran berada pada posisi rendah (baca: low atau 0).

Anggap Ttotal adalah waktu satu siklus atau penjumlahan antara Ton dengan Toff , biasa dikenal dengan istilah “periode satu gelombang”.

Rumus T-total

Siklus kerja atau duty cycle sebuah gelombang di definisikan sebagai,

Rumus duty-cycle

Tegangan keluaran dapat bervariasi dengan duty-cycle dan dapat dirumusan sebagai berikut,

Rumus Vout dengan duty-cyclesehingga: Rumus Vout

Dari rumus diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa tegangan keluaran dapat diubah-ubah secara langsung dengan mengubah nilai Ton.

Apabila Ton adalah 0, Vout juga akan 0.
Apabila Ton adalah Ttotal maka Vout adalah Vin atau katakanlah nilai maksimumnya.

Penjelasan tersebut diatas merupakan keseluruhan dari teori dasar dibalik sistem PWM. Sekarang, mari kita kita lihat pada implementasi praktek dari teori PWM tersebut diatas pada sebuah microcontroller.

(to be continued..Nantikan di postingan berikutnya... )

 

-::|Tks-Ari|::-

Silahkan baca artikel saya yang lain mengenai microcontroller via RSS Feed.. Informasi! Artikel ini adalah tulisan rintisan, Artikel ini adalah untuk semua orang saran, pertanyaan dan kritik anda sangat berguna dalam mengembangkan artikel ini.   Postingan ini dibagi ke dalam beberapa sub pokok bahasan.
Under "Microcontroller Projects" Folder  Creative Commons (cc), Share Alike (sa)

Apabila anda tertarik dengan tulisan-tulisan kami, anda bisa mendapatkannya via email dengan mengetikkan alamat email anda di kolom « Subscribe Via Email » yang ada disamping halaman ini.

Anda memiliki pertanyaan? atau masih ada yang kurang jelas dengan tulisan kami, silahkan isikan pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah.

You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.

Apabila artikel atau postingan di website ini bermanfaat atau cukup menarik untuk dibaca, mohon tinggalkan komentar agar kami mendapat feedback untuk lebih meningkatkan isi postingan di website ini. Pembaca yang baik adalah yang tidak lupa untuk meninggalkan jejak komentarnya di website ini.