Substation Monitoring System Berbasis ThermoVisionUtilitas tenaga listrik umumnya akan mengalami masalah dengan umur dari peralatan dan segala infrastrukturnya, tentu saja hal ini akan mengakibatkan meningkatnya resiko terjadinya blackouts (padam total) dan brownouts (peralatan terbakar atau meledak), biaya yang tak terduga akan meningkat drastis untuk perbaikan/maintenance, banyaknya permasalahan keamanan untuk lokasi yang jauh dari pengawasan, dan tentunya akan berujung pada biaya yang membengkak besar.
Sebagai salah satu bagian dari inisiatif untuk meningkatkan pelayanan publik, industri listrik selalu mencari jalan keluar dari permasalahan-permasalahan tersebut yang tentu saja akan mendukung usaha peningkatan kehandalan dan kualitas penyaluran tenaga listrik namun tetap dapat menghemat keluarnya biaya yang berlimpah.
ELECTRICAL-service-contr-IRVIKami juga berusaha berpartisipasi dalam usaha ini dengan bekerja-sama dengan beberapa partner bisnis, pabrikan serta pihak penyaluran guna menyempurnakan sistem monitoring pada gardu induk listrik.
Melalui penggunaan Kamera Infrared “cerdas” kami mencoba meningkatkan kecerdasan (artificial intelligent) dan analisa dari automation software yang lebih cerdas guna memenuhi kebutuhan industri listrik yang semakin kompleks. Kegagalan peralatan yang akan terjadi suatu hari nanti dan gangguan keamanan dari sebuah site akan dengan mudah dapat dideteksi kapan saja, siang atau pun malam, meski di lokasi pemantauan jarak jauh pun. Alhasil akan didapati sebuah peningkatan kehandalan dan berkurangnya biaya-biaya yang tidak semestinya.
Peringatan dini terhadap berbagai macam masalah pada gardu induk:
Kamera IR "FLIR A-Series"
  • Pemantauan secara remote terhadap komponen vital dan kritis dalam sebuah gardu induk listrik.
  • Dapat membantu meningkatkan kinerja dan kehandalan tanpa penambahan personil thermovision
  • Pemantauan dapat dilakukan dari central control room dan dapat terintegrasi dengan mudah dengan Substation Automation System via Ethernet (TCP/IP) dan koneksi nirkable (wireless).
  • Gambar thermovision dapat dilihat secara langsung melalui monitor komputer (LIVE) substation automation ataupun dengan modul server terpisah.
  • Mendapatkan pembacaan temperatur yang cepat dan akurat dari peralatan yang mulai kelebihan panas (overheating) dan diperkirakan akan terbakar dalam kurun waktu tertentu.
  • Mampu mengamati peralatan yang sudah tidak bekerja lagi (rusak) dengan penunjukan temperatur yang jauh lebih rendah dari peralatan lainnya.
  • Mampu menghasilkan alarm audio-visual baik dari software internal ataupun via Substation Automation.
  • Dapat mengirimkan laporan pemberitahuan otomatis via email dan koneksi intranet kepada pihak manajemen untuk aksi yang lebih cepat. Atau dapat juga dengan metode SMS-Alert ataupun Phone-Dial kepada pihak terkait apabila infrastruktur masih belum memadai.
  • Bekerja dalam kondisi apapun, pada siang atau pun malam, baik terik atau pun hujan serta dapat beroperasi selama 24/7.
Tipikal Konfigurasi Sistem
Contoh Aplikasi Software Monitoring Sederhana Automation system kali ini sengaja di desain khusus untuk pemantauan rangkaian peralatan pada gardu induk yang cukup kritis dan termakan usia yang sewaktu-waktu dapat terbakar. Metode dan model penggambaran thermovisi yang diambil dari kamera IR dapat mengikuti standar dan kebutuhan end-user. Automation system yang kami desain bersifat open architecture sehingga dapat dikembangkan ke dalam berbagai macam model dan pengembangan berkelanjutan guna kehandalan terbaik dari sebuah sistem.
.Net WebViewer Sample Melalui .Net Framework, pengembangan ke dalam intelligent automation system jauh lebih mudah dan tak terbatas dibandingkan dengan yang lainnya, vista & win 7 support plus tampilan gambar 64bit (HD), web-application, dll. Dan tentu saja “Free-License”, sehingga anda dapat menggunakan investasi ini selamanya tanpa batasan waktu. Karena kami menyadari license key terkadang malah seringkali menyebabkan error dan cenderung membingungkan end-user.FLIR A-Series
Kami tidak hanya merancang aplikasi automation untuk substation saja, namun bisa juga untuk beragam aplikasi pemantauan lokasi kritis lainnya seperti: Oil & Gas, Power Generation, Hi-Risk Building, dll. Untuk saat ini, kamera IR yang compatible dengan intelligent automation system yang kami desain adalah FLIR A-Series.
Skema Pivot VisionDengan penambahan controller yang terintegrasi dengan housing kamera IR untuk mengatur sudut pandang serta kemiringan kamera IR akan mempermudah pemantauan site gardu induk. Intelligent Automation System dapat mengendalikan controller tersebut dan dengan cerdas dapat melakukan site-patrol secara otomatis, memantau temperatur peralatan dan memantau keamanan site tanpa pengawasan manusia.
Mampu mengasilkan laporan otomatis harian, mingguan, bulanan, dll 150 KV station, visual and thermal images Predictive trending functionality: Accurately track thermal performance over time with easy-to-understand
Gambar yang diperoleh akan dikirimkan via Ethernet, wireless atau pun fiber optic. Intelligent Automation System dapat juga diprogram untuk menghasilkan laporan otomatis secara periodik sesuai kebutuhan dan format end-user untuk menjamin kehandalan sistem.
Automated Substation Monitoring Systems
Berikut adalah beberapa komponen gardu induk yang dapat dipantau secara remote dimana kegagalan peralatan dapat dikenali secara thermal dan peralatan dapat dipantau secara tembus pandang:
  • Trafo Daya / Power transformers (level minyak trafo dan operasi pompa)
  • Load tap changers (level minyak dan permasalahan internal lainnya)
  • Insulator bushings (level minyak dan deteksi sambungan yang rusak atau kurang baik)
  • Standoff insulators (moisture, kontaminasi, dan degradasi)
  • Lightning/Surge arrestors (degradasi pada disk metal-oksida)
  • Circuit breakers / PMT (kebocoran minyak ataupun SF6)
  • Mechanical disconnects: DS, ES, dll (koneksi yang kurang baik atau rusak, kontaminasi)
  • Control cabinets (kerusakanyang disebabkan oleh fan, pompa, dan komponen lainnya)
  • Baterai

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.