Kalkulator sederhana ini akan membantu anda mencari berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh Battery Charger anda untuk melakukan pengisian Battery sampai penuh. Silahkan simak catatan berikut ini.

Untuk apa posting ini saya buat?

Readers mungkin bertanya, mengapa saya membuat postingan seperti ini lagi? Battery Charger SampleYah, sebagian besar battery chargers “murahan” tidak dilengkapi dengan rangkaian 'auto-off' sequence apabila pengisian battery sudah penuh. Akibatnya battery kecil (tipe AA, dan AAA) pada umumnya akan mudah sekali overcharge. Berbeda kapasitas battery, maka berbeda pula lamanya waktu yang diperlukan untuk pengisian, kalkulator ini di desain untuk menghitung kapan waktu selesainya pengisian battery anda dengan mudah dan anda tidak perlu lagi mengitung jam dan menit keberapa selesainya.

Penjelasan:

  • Charger Output : Ini adalah nilai arus dari Battery Charger yang anda, nilai output arus yang dikeluarkan oleh Charger mungkin berbeda-beda untuk jenis battery yang berbeda, silahkan simak dokumentasi atau instruksi manual dari battery tersebut untuk jelasnya.
  • Battery Capacity : Nilai ini umumnya tertera pada sisi body dari Battery dan untuk battery kecil ditulis dalam satuan milliamp Hours (mAh)
  • Charging Inefficiency : Saat melakukan pengisian battery, enegry akan hilang dari sel battery.  Sebagai contoh, jika anda melakukan pengisian sebuah battery dengan 100mA dari power, dan battery mempunyai nilai charging inefficiency sebesar 20%, maka sebenarnya hanya 80mA arus yang akan masuk kedalam sel battery. Nilai untuk inefficiency ini seharusnya terdapat pada dokumentasi battery charger anda atau mungkin bisa didapat dari pabrikan.
  • Charge Duration : Ini adalah nilai waktu hasil perhitungan/kalkulasi waktu yang diperlukan untuk melakukan pengisian battery secara penuh.
  • Date / Time to full charge atau Tanggal / Waktu untuk mencapai Pengisian Penuh : Ini adalah tanggal dan waktu dimana battery akan secara penuh terisi, pastikan jam komputer anda benar untuk mendapatkan jawaban yang akurat.

Untuk readers yang ingin menggunakan kalkulator ini untuk menghitung waktu pengisian battery berkapasitas tinggi seperti battery bank back-up power untuk sistem power DC pada gardu induk dan pembangkit, silahkan sesuaikan nilai Ampere menjadi miliAmpere.

Charger Output mA
Battery Capacity mAh
Charging Inefficiency %

  

Charge Duration hours minutes
Date / Time to full charge

Tips Umum Perawatan Battery

Untuk mendapatkan lifetime battery yang maksimal, mungkin tips perawatan battery dibawah dapat membantu anda dalam menjaga ketahanan battery:

  • Sebisa mungkin lakukan pengosongan muatan atau discharge battery-battery tersebut sebelum pengisian ulang atau recharging dilakukan, tetapi usahakan jangan sampai habis sama sekali.
  • Jangan lakukan pengisian battery terlalu lama atau overcharge batteries.
  • Gunakan dan isi ulang battery pada set waktu yang sama, jadi apabila readers punya enam buah battery yang sama, dan ingin menggunakan 2 buah battery dalam satu waktu, pastikan anda mengisinya dan atau menggunakannya dalam tiga set sepasang battery.
  • Selalu jaga permukaan kontak kutub battery dalam kondisi bersih, bisa gunakan penghapus / emery paper / fibreglass pen untuk menjaga kadar oksidasi dan grease se-minimal mungkin.
  • Rechargeable batteries akan kehilangan kemampuan charge setiap hari – jadi jangan lakukan pengisian berlebih dan jangan mengharapkan battery akan selalu dalam kondisi yang sama setelah tiga bulan kemudian.

Terima kasih telah membaca postingan ini. Salam blogger Indonesia.

Kembali Ke Halaman Sebelumnya

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.