Dear readers, pada postingan kali ini saya akan coba sedikit memberi tips & trik bagi readers yang berkecimpung dalam bidang automation. Tips ini membahas tentang bagaimana caranya untuk mengintegrasikan XML-table ICD 61850 relay MICOM milik Ex. Areva ke dalam database SICAM PAS (Automation sotfware milik Siemens) agar keduanya bisa saling ngobrol/berkomunikasi via protokol IEC61850.

imageSeringkali saat import CID/ICD/IID file dari relay lain, PASTI SICAM selalu ada masalah. Ini adalah salah satu cara mudah untuk antisipasi di relay Micom seri 643,545,141.

Download Link > IEC 61850 ICD Template File for MICOM Relays

 Setelah konfigurasi IEC61850 di Micom Studio S1, kemudian export ke CID untuk ke SICAM. Sayangnya format XML data yang bisa diterima SICAM adalah dalam format table siimagengkat, ditambah lagi yang diambil SICAM untuk header-device bukan IED name tapi Description name. Dan description name Micom yang belum diupdate dengan file terlampir adalah fixed dan panjang: "P141 Basic Feeder protection relay", sehingga karakter terlalu banyak (34 characters) dan SICAM akan error saat import CID file Micom tersebut (SICAM hanya bisa terima 32 chars saja).

micom_cid1

Agar tidak timbul error saat import di SICAM, template di Micom Studio S1 bisa di update dengan file diatas (lebih mudah dan tidak usah edit manual setiap kali export dari S1 Agile). Sudah dicoba export langsung tanpa perlu edit-edit lagi dari Micom Studio S1 kemudian di import ke SICAM PAS dan hasilnya 100% mulus tanpa error dan valid.

Tips & Trik: Ekstrak file di dalam zip kemudian masukkan file-file ICD template diatas ke dalam folder template Micom Studio S1, lokasi foldernya bisa ditemukan di “Documents and Settings > All Users > Application Data”.

“C:\Documents and Settings\All Users\Application Data\Alstom Grid\MiCOM S1 Agile\DataModels\IED Configurator\Templates\P14x”

PROSES SUDAH SELESAI!!!

61850 Configurator Micom Studio S1 anda sudah fully compatible dengan SICAM PAS untuk tiga jenis relay diatas.

Semoga Tips & Trik ini bisa membantu readers semua, jika ada pertanyaan, uneg-uneg, kritik & saran silahkan gunakan form komentar dibawah. Terima kasih telah membaca blog ini, salam blogging!

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.