Form Commissioning Protection RelayPengujian relay proteksi adalah hal yang paling dan selalu dilakukan oleh mereka yang berkecimpung di bidang sistem tenaga listrik khususnya bidang proteksi. Ketika saya mulai masuk dan menggeluti bidang ini, hal yang paling menghantui pikiran saya adalah bagaimana relay proteksi itu bekerja, bagaimana cara mengujinya dan bagaimana form pelaporan hasil ujinya. Ya, ini adalah hal yang wajar dimana hampir tak satu literatur buku pun yang menjelaskan dengan detail form pengujian relay berikut bagaimana menentukan relay tersebut lulus uji atau tidak, bagaimana kriterianya.

Apabila anda sudah memiliki alat inject canggih dengan mode injeksi automatis, maka anda tidak perlu repot-repot membuat form dan melakukan pengujian satu-persatu, semua sudah tersedia modul pengujiannya dan tinggal start saja. Meski demikian, banyak sekali institusi yang lebih memilih membuat form excel sendiri sehingga lebih customize dan merepresentasikan profesionalitas dari institusi tersebut.

Seiring sejalan perkembangan pengalaman saya dalam menguji relay, berikut saya lampirkan format sample/contoh form pengujian relay overcurrent yang akan menghitung/kalkulasi secara automatic berapa nilai arus yang harus diinject beserta kalkulasi waktu trip yang seharusnya.

Cara Pengisian/Penggunaan Form Excel

Form ini umumnya saya gunakan untuk menguji relay SIPROTEC 7SJ6, 7SJ8 atau Reyrolle 7SR, tetapi juga dapat berlaku universal untuk seluruh jenis relay overcurrent dan semua merk/pabrikan relay, tinggal di delete saja nama relay, nomor seri, nama project dan lain-lain. Isikan semua kolom sel yang berwarna biru muda. Untuk kalkulasi automatis, point yang paling penting untuk diisi adalah:

  • Ratio CT, apakah relay yang diuji tersebut per 1A atau 5A
  • Berapa nilai pickup arus untuk semua elemen proteksi (50, 51, 51N, 50N)
  • Berapa nilai delay yang digunakan dalam setting relay.
  • Tipe relay dan serial no. relay yang akan diuji, ini penting sebagai dokumentasi

Apabila setting relay (Ipickup dan tdelay) masih bingung atau belum ada, gunakan saja setting yang ada dalam excel ini. Apabila dengan setting tersebut, trip-time dari relay tidak melenceng jauh, maka relay dalam kondisi baik dan layak beroperasi.

Form ini dapat digunakan untuk commissioning, SAT, FAT ataupun untuk laporan pengecekan relay, disertai dengan kolom tanda-tangan sebagai bukti keabsahan dokumen.

Excel - Form Commissioning/Test Protection Relay untuk FAT dan SAT

File Excel form pengujian relay overcurrent dapat di DOWNLOAD DISINI

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.