Short Story

Hai sobat readers, pernahkah mengalami atau mendengar kejadian relay Distance Trip secara tiba-tiba padahal di sistem dan di jaringan transmisi SUTT atau SUTET tidak terjadi apa-apa, semuanya normal, penghantar saluran udara tegangan tinggi juga tidak ada masalah, tidak ada short ke ground dlsb. Fenomena ini sering terjadi pada relay distance dan kasus ini umumnya dialami oleh gardu induk yang memiliki bay OHL atau penghantar.

Yuk Kita Investigasi

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa relay distance adalah relay yang menghitung impedansi dari jaringan. Apabila impedansi atau nilai Ohm rendah maka dia akan trip sesuai Zona-nya. Nilai impedansi ini didapat dari perhitungan Tegangan dibagi Arus (Z=V/I). Pada saat terjadinya gangguan, tegangan akan drop sampai kecil sekali dan arus akan melonjak naik, dari arus dan tegangan yang seperti ini maka akan didapati impedansi menjadi kecil mendekati nol.

Fenomenda VT Fuse Blown

Fuse atau sekering VT atau PT terkadang putus, ini juga merupakan hal yang lumrah terjadi pada gardu induk. Meskipun lumrah terjadi, fuse VT yang putus juga dapat berdampak Trip nya relay distance secara tiba-tiba. Kenapa demikian?

Hasil gambar untuk VT Fuse Blown

Pada saat VT fuse putus pada salah satu phasa, maka nilai impedansi akan turun drastis karena tegangan nyaris 0V. Impedansi di phasa yang sekering VTnya putus tersebut akan mendekati atau bahkan mencapai 0 Ohm atau dengan kata lain masuk ke Zona gangguan Zone 1 dan relay akan Trip instantanuous atau seketika itu juga.

Cara Mengatasi Fenomena VT Fuse Blown

Untungnya, relay SIPROTEC selalu dilengkapi dengan Fuse Fail Monitor dan VT MCB Trip monitor sehingga kejadian putusnya sekering VT dapat dengan mudah diketahui dan diidentifikasi dengan mudah. Selain itu fitur ini juga memblock sementara fungsi distance sehingga jaringan tidak harus trip karenanya. Disini tim maintenance gardu masih memiliki cukup waktu untuk segera mengganti fuse yang putus dan sistem operasi tetap beroperasi normal.

Video Detail Penjelasan

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.