Latar Belakang

Menguji Power Swing itu pada dasarnya sangat gampang, tinggal PLAY saja, impedansi beban akan melintas perlahan dari beban normal berjalan masuk ke area trip zone-1 dan keluar/kembali lagi, apabila relay tidak trip dan ada indikasi power swing detected maka pengujian selesai! Ini adalah pengalaman saya dahulu ketika menguji power swing menggunakan alat inject ISA DRTS dengan relay yang diuji adalah ABB REL51 (itu dulu…). Namun selang beberapa tahun, trend alat uji yang beredar berganti menjadi OMICRON CMC, dan di Siemens pun pakai Omicron untuk menguji Siprotec 7SA, yang menyebalkan adalah saya tidak menemukan modul uji power swing di software Test Universe Omicron, dan mungkin beberapa dari temen-temen pembaca juga mengalami seperti yang saya alami. Searching google pun nihil… google tidak punya jawabannya kali ini, hmm…

Namun jangan khawatir, kali ini “disini” kita akan buat pengujian Power Swing menjadi mudah dan tinggal PLAY saja seperti di ISA DRTS.

Power Swing Overview

Secara garis besar power swing merupakan fenomena kompleks dalam sistem jaringan listrik dimana beban dapat berayun dari posisi beban normal kemudian berjalan menuji daerah zona gangguan (yang seharusnya langsung trip) dan kemudian keluar lagi, tetapi karena power swing adalah fenomena bukan gangguan, relay tidak boleh trip sama sekali pada saat terjadinya power swing ini (fungsi proteksi distance di block sementara oleh Power Swing Block). Power swing umumnya terjadi ketika ada proses keluar atau masuknya pembangkit listrik ke dalam sistem jaringan listrik. Power Swing terbagi menjadi dua jenis yaitu Synchronous Power Swing atau Power Swing Stable dan Asynchronous Power Swing atau Power Swing Unstable. Ciri atau fenomenanya dapat dilihat pada gambar dibawah.

 Tipe Power Swing

Pengujian Power Swing Menggunakan Omicron CMC

Setelah memahami secara dasar tentang power swing ini, maka bagaimana cara mengujinya? Cara pengujiannya adalah dengan mensimulasikan perubahan impedansi (dengan merubah nilai arus berbanding tegangan) secara perlahan dan teratur masuk ke zona-1 dan keluar lagi. Untuk melakukan ini kita dapat menggunakan beberapa metode sbb:

Download Module Power Swing Complete

1. Metode Ramping (Modul Ramping)

Untuk mensimulasikan power swing, tegangan di ramping turun dari nilai rating VT (mis: 57.73V) turun perlahan sampai mendekati nol dan di waktu yang bersamaan, arus diramping naik dari 0.5 sampai 2 kali nilai nominal CT (1A atau 5A)

Apabila direkam dan digambarkan ke dalam diagram impedance, beban akan berjalan datar dari normal perlahan masuk ke zone-1 dan akhirnya kembali lagi, dan relay tidak boleh trip.

Link Download: File Power Swing.rmp

Power Swing dengan Ramping Module

2. Metode Play Comtrade (Hasil Simulasi Power Swing di RTDS)

Power Swing pada dasarnya adalah sistem gangguan yang kompleks dan hanya dapat disimulasikan secara akurat menggunakan Transient Network Simulator seperti RTDS. Lalu bagaimana pengujian power swing di lapangan yang tidak mungkin untuk mendatangkan peralatan RTDS yang kompleks dan besar? Tenang saja, untungnya di Omicron ini ada fasilitas TransPlay yang kita dapat gunakan untuk me-replay power swing yang pernah disimulasikan secara akurat oleh mesin RTDS.

Power Swing dengan TransPlay Module

Dibawah ini adalah file modul transplay yang sudah ada comtrade power swing dari hasil RTDS di dalamnya, cukup buka dan Play di Omicron anda, jangan lupa untuk klik Clear “tanda silang (X)” setiap akan melakukan pengujian. Bagaimana dengan ratio 1A dan 5A? Modul ini dibuat untuk 5A, apabila terlalu tinggi, kita dapat memainkan scale 100% menjadi 20% atau angka berapapun yang dapat diakomodir oleh relay. Untuk relay Siemens 7SA, anda boleh langsung play saja.

3. Metode State Sequencer

Modul ini juga tinggal Open and Play, dibuat dengan state sequencer dimana untuk menciptakan power swing dibutuhkan banyak sekali state untuk mendapatkan perubahan yang smooth dan teratur. Power swing ini dibuat untuk ratio CT 1A.

Link Download: Power Swing Blocking.seq 

Power Swing dengan State Sequencer

Untuk menguji relay dengan ratio 5A, kita dapat merubah nilai In Nominal secondary Current dari 1A menjadi 5A. Jangan lupa sebelum melakukan perubahan, klik dulu tanda silang (Clear).

Ganti ratio setting 1A/5A - module power swing state sequencer

Semoga bermanfaat! Apabila tulisan ini cukup membantu untuk anda, boleh jadi teman-teman disekitar anda juga membutuhkan tulisan ini. Silahkan bagikan di facebook/twitter/google+ dengan menggunakan tombol share diatas. Mari bahu-membahu berkontribusi untuk maju bersama… (ari)

…Share is Care…

Creative Commons License You may share this document under Creative Commons License – Terima kasih telah membaca tulisan ini. © 2011 Ari Sulistiono, Indonesian Electrical Engineer.